Berita

    Kaki-kaki Mobil: Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakannya

    Kaki-kaki mobil merupakan komponen penting untuk diperhatikan, terlebih jika ingin membeli mobil bekas. Ini merupakan bagian yang perlu dicek secara menyeluruh.

    Masih banyak pembeli mobil bekas yang hanya memperhatikan mesin dan bodi ketika melakukan pengecekan. Bagian kaki-kaki seringkali kurang mendapat perhatian, sebab bagian ini pun rentan mengalami kerusakan.

    Kaki-kaki ini adalah salah satu ‘organ vital’, sebab mereka yang menopang mobil dan sangat berpengaruh pada kestabilan mobil saat dikendarai.

    Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil

    Apa saja bagian yang perlu diperhatikan? Lalu, bagaimana cara mendeteksi kerusakannya? Berikut merupakan penjelasan lebih lengkapnya:

    • Ban atau Roda

    Bagian ini merupakan bagian penting dan paling terlihat. Fungsinya sudah jelas, yaitu sebagai penopang dan menjalankan fungsi mesin mobil sehingga dapat berjalan sesuai kemudi. Ban adalah bagian yang bergesekan secara langsung dengan jalan.

    Ketika berkendara, terlebih jika melakukan perjalanan panjang, ban merupakan bagian yang sangat merasakan dampaknya. Hal tersebut menjadikannya rawan mengalami kerusakan.

    Untuk pengecekan bagian ini, perlu diperhatikan bagian permukaannya. Pastikan permukaan ban tidak aus. Anda juga perlu melihat bagian karetnya, adakah yang retak atau tidak, cek juga elastisitasnya. Kemudian, perhatikan pula tekanan angin.

    • Bearing

    Bagian kedua yang akan dibahas yakni bearing. Ini merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai bantalan bagi ban/roda, sehingga sangat berpengaruh terhadap laju dan kestabilan mobil.

    Untuk mendeteksi bagian ini, dapat dilakukan dengan melihat putaran pada roda. Anda dapat mendongkrak mobil dan memutar ban searah dengan jarum jam. Jika terdengar suara bising atau berderit, itu berarti bearing tidak dalam kondisi baik.

    Jika sudah mengalami masalah, sebaiknya bearing tersebut diganti dengan yang baru supaya mobil tidak mengalami masalah saat digunakan.

    • Bushing Arm

    Bagian ini merupakan titik tumpu dan penjaga gerakan ban. Gerakan naik dan turunnya ban dilindungi oleh bagian ini.

    Jika mobil melewati jalan yang tidak rata, bushing arm yang rusak akan berbunyi. Kerusakan bagian ini dapat diamati dari suara tersebut.

    Anda juga dapat mengeceknya dengan membelokkan setir secara maksimal dan memperhatikan bagian ini (karet melingkar yang terletak di ujung roda mobil). Bushing arm yang sudah retak atau pecah, perlu untuk diganti.

    • Suspensi (Shockbreaker)