Berita

    Kenali Perbedaan Captain Seat & Pilot Seat

    Pilot dan Captain Seat menjadi perbincangan para pecinta otomotif saat ini. Pasalnya, jok mobil pada jaman ini tak hanya tersedia dalam satu baris panjang yang menyambung. Sudah cukup banyak mobil yang menambahkan fasilitas baru berupa jok yang terpisah. 

    Fasilitas ini juga menjadi nilai tambah dari sebuah kendaraan terlihat lebih berkelas dan memiliki nilai jual ataupun beli yang tinggi. Umumnya, kedua jenis jok ini terdapat pada mobil berjenis MPV.

    Tak hanya sekadar fasilitas dan gaya, jok jenis captain dan pilot memiliki tujuan salah satunya adalah mempermudah akses jalan dari bagian tengah mobil menuju ke belakang. Juga dilengkapi dengan sandaran tangan pada bagian celah tersebut.

    Meski yang sering terdengar namanya hanyalah jenis jok captain, tetapi ada juga desain jok mobil menyerupai pilot. Lalu, apa yang menjadi persamaan dan perbedaan dari keduanya? 

    Persamaan Pilot dan Captain Seat

    Kedua jenis jok ini memiliki kesamaan yaitu kursi mobil dengan jumlah 2 jok yang terpisah dengan celah kosong yang berada di tengahnya. Selain itu, Anda juga dapat mengatur kedua jok ini maju ataupun mundur dengan tambahan rel dan roda kecil pada bagian bawah jok.

    Fasilitas ini membutuhkan ruang mobil yang cukup luas agar setiap bangku di dalam mobil tidak berada pada posisi yang terlalu berdekatan. 

    Sehingga tak heran jika Anda melihatnya pada beberapa mobil besar, seperti Toyota Alphard, Nissan Serena, Toyota Voxy, serta Wuling Cortez.

    Perbedaan Captain dan Pilot Seat

    • Ukuran Jok

    Nah, untuk ukurannya sendiri kedua jenis jok ini cenderung berbeda. Walaupun tak terlihat signifikan secara fisiknya. Jok jenis captain cenderung lebih kecil dibandingkan dengan jok pilot pada mobil. 

    • Sandaran Tangan

    Keduanya memang sama-sama memiliki sandaran tangan pada sisi kanan dan kiri jok. Namun yang membedakannya adalah ukuran dan sifat dari jok ini. 

    Sesuai dengan ukuran pada jok captain di mana sandaran tangannya lebih pendek dan dapat dilipat dan  naik turunkan.

    Sedangkan jok pilot, armrest yang dimilikinya bersifat permanen dan lebih panjang daripada captain seat. Maksudnya permanen adalah keberadaan armrest ini menyatu dengan jok sehingga tidak dapat dilipat atau naik turunkan.

    • Fitur Tambahan