Berita

    Kenali Tanda & Penyebab Oli Mobil Berkurang

    Oli pada mobil diibaratkan darah dalam tubuh manusia. Sangat penting bukan?. Darah pada tubuh manusia akan meregenerasi sel darah baru dengan sendirinya, sedangkan oli pada mobil tidak bisa. Itulah mengapa penggantian oli merupakan perawatan rutin yang harus dilakukan. Anda juga perlu mengetahui tanda oli mobil berkurang.

    Ketika oli pada mobil hampir habis, berbagai tanda akan muncul sebagai peringatan kepada Anda agar segera mengambil tindakan untuk mencegah kerusakan yang bisa saja terjadi. Berikut ini beberapa tanda paling umum ketika oli mobil hampir habis:

            1. Lampu peringatan tekanan oli

    Ketika mobil Anda kehabisan atau kekurangan oli, lampu peringatan tekanan oli akan menyala. Lampu ini terhubung ke sensor yang memantau level cairan. Jika Anda melihat lampu tersebut menyala, segera isi oli Anda ke tingkat yang memadai. 

            2. Tercium bau oli terbakar

    Tanda paling mudah dikenali adalah ketika Anda mencium bau oli terbakar. Jika Anda menciumnya pada saat sedang berkendara, segera menepi dan berhenti. Hal ini menandakan adanya kebocoran oli yang menetes pada mesin mobil yang panas. 

            3. Timbulnya suara denting 

    Ketika Anda mendengar suara dentingan dari bawah kap mobil Anda, itu karena oli mesin hampir habis sehingga tidak dapat melumasi komponen mesin yang lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

            4. Boros bahan bakar

    Jika oli mesin rendah, bagian-bagian pada mesin tidak akan terlumasi dengan baik dan mengharuskan mesin bekerja lebih keras. Semakin keras mesin bekerja, semakin banyak bahan bakar yang dibutuhkan. 

            5. Suhu mesin terlalu panas

    Tanpa oli yang cukup, bagian-bagian pada mesin juga tidak akan terlumasi dengan baik serta tidak memiliki perlindungan apapun ketika bergesekan, sehingga dapat meningkatkan suhu pada mesin Anda dan menjadikannya terlalu panas.

    Jika Anda sudah mengetahui tanda oli mobil kurang, Anda juga perlu mengetahui alasan mengapa oli mesin mobil dapat berkurang untuk bisa melakukan tindakan pencegahan. 

    Penyebab Oli Mobil Berkurang 

    • Tempat oli bocor

    Jika Anda melihat ada tetesan oli di bawah mobil, itu menandakan tempat oli pada mobil mengalami kebocoran.

    • Kebocoran oli di tempat lain