Berita

    Ketahui Fungsi & Tanda Kerusakan Intake Manifold Pada Mobil

    Intake Manifold adalah salah satu bagian penting pada mobil yang bekerja untuk menyalurkan campuran udara dan bahan bakar dari karburator ke ruang proses pembakaran yang terdapat pada tabung mesin.

    Saluran pada manifold sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu Intake Manifold dan Exhaust Manifold. Keduanya memiliki kegunaan yang hampir sama, namun masing-masing memiliki peran yang berbeda. Intake manifold mobil umumnya diletakan berdekatan dengan sumber panas. Namun ada beberapa mobil yang meletakkan intake manifold berdekatan dengan exhaust manifold.

    Intake manifold berperan penting bagi kerja mesin mobil. Secara sederhana, komponen ini berfungsi mengatur keluar dan masuknya sirkulasi udara dalam mesin sehingga mesin mobil dapat digunakan secara optimal. Tidak hanya itu, intake manifold mobil juga memiliki fungsi lainnya yang akan dibahas pada penjelasan berikut ini.

    Fungsi Intake Manifold

            1. Penyaluran udara ke mesin

    Fungsi pertama sebagai saluran udara ke mesin. Intake manifold akan menghisap udara yang berasal dari luar masuk ke tabung mesin. Proses penghisapan dengan melalui beberapa komponen, berawal dari saringan udara, throttle body, intake manifold, lanjut masuk ke tabung mesin melewati kepala.

    Udara bersih yang berhasil disaring dengan baik oleh intake manifold akan dikumpulkan kemudian akan diarahkan untuk masuk ke tabung mesin. Mesin akan mendapatkan udara yang layak dengan bantuan intake manifold.

            2. Pengatur sirkulasi dan volume udara sesuai keperluan mesin

    Udara yang dibutuhkan oleh mesin tentunya berbeda berdasarkan pada macam dan spesifikasinya. Untuk itulah sirkulasi dan volume udara akan diatur oleh intake manifold dengan menyesuaikan kebutuhan mesin.

    Hal ini akan berfungsi secara maksimal jika mesin menggunakan variable intake manifold. Katup tambahan yang berada di variable intake manifold bekerja secara langsung untuk mengontrol ECU mesin. setiap pusaran mesin akan dimasuki sirkulasi dan volume udara secara merata. 

    Variable intake manifold dapat menyesuaikan pusaran mesin dalam kondisi apapun (tinggi ataupun rendah).

            3. Pembuat turbulensi udara

    Fungsi intake manifold ketiga adalah penciptaan turbulensi udara yang akan tembus ke dalam tabung mesin. Rancangan desain intake manifold secara khusus memberikan keuntungan pada pengoptimalan proses pembakaran di dalam mesin.