Berita

    Ketahui Penyebab Sensor Mundur Mobil Bunyi Terus & Cara Memperbaiki

    Apa Anda pernah mengalami sensor mobil bunyi terus, saat parkir? Dalam keadaan normal sensor parkir akan berbunyi untuk memperingatkan pengemudi.  Supaya mobil tidak membentuk kendaraan atau objek lain. 

    Namun jika sensor berbunyi terus, padahal Anda tidak sedang memarkirkan mobil, ini bisa menjadi tanda sensor parkir rusak atau terganggu. 

    Bila sensor parkir tidak bisa berfungsi dengan baik, Anda akan kesulitan untuk memarkirkan mobil. Selain itu suara bisingnya akan sangat mengganggu Anda dan juga orang lain 

    Penyebab Sensor Mobil Bunyi Terus 

    Sensor parkir merupakan fitur penting yang sangat membantu pengemudi saat memarkirkan mobil. Membantu pengendara untuk menjaga jarak aman dengan objek lain di sekitar mobil. Biasanya fitur ini juga digunakan bersamaan dengan kamera di belakang mobil.

    Kerusakan pada sensor mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa jadi Anda tidak menyadari ternyata beberapa hal yang akan dibahas di bawah ini, bisa membuat sensor parkir tidak berfungsi. Berikut ini penjelasan penyebab sensor parkir terus berbunyi: 

    • Tertutup Cat Mobil

    Sensor tertutup cat bodi mobil bisa jadi kemungkinan pertama yang menyebabkan sensor terus menyala walau Anda tidak sedang parkir. Hal ini terjadi saat Anda melakukan pengecatan ulang pada mobil. 

    Pada saat proses pengecatan bodi mobil dilakukan, sensor parkir bisa tertutup karena terhalang lapisan cat. Sensor parkir yang bekerja mendeteksi halangan di dekat mobil bisa terus menyala karena mengira cat sebagai sesuatu hal yang menghalangi mobil.

    • Komponen Sensor Kotor

    Selain terlapisi oleh cat, sensor juga bisa terus menyala jia tertutup oleh kotoran. Sehingga membuat sensor langsung menyala, sekalipun jarak mobil dengan kendaraan lain masih aman. 

    Kotoran yang menutupi sensor bisa berasal dari debu atau lumpur yang menempel pada bodi mobil, saat melewati jalanan yang kotor. Tumpukan noda ini membuat fungsi kerja sensor jadi tidak bisa optimal 

    • Gangguan Arus Listrik

    Sensor parkir membutuhkan aliran listrik untuk dapat berfungsi. Jika ada gangguan pada arus listrik di kendaraan, maka sistem kerja sensor parkir mobil juga jadi terganggu. 

    Kemungkinkan sensor parkir mati atau malah sebaliknya sensor mobil bunyi terus. Jadi sebaiknya cek dulu bagaimana arus listrik pada mobil Anda.

    Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil