Berita

    Sabuk Baja CVT Mobil Rusak: Penyebab, Tanda, hingga Pencegahannya

    CVT (Continuously Variable Transmission) adalah salah satu jenis sistem transmisi mobil matik yang banyak digunakan, sebab perpindahan giginya terasa lebih halus. Jika sabuk baja CVT mobil rusak, maka keamanan dan kenyamanan berkendara Anda juga akan terganggu.

    Meskipun sabuk baja CVT umumnya memiliki masa pakai yang cukup lama, namun kerusakan dapat terjadi akibat beberapa faktor tertentu. Oleh karena itu, sebaiknya kenali apa saja penyebab, tanda, hingga cara mencegah kerusakan pada komponen sabuk baja tersebut.

    Tanda dan Penyebab Sabuk Baja CVT Mobil Rusak

    Ada beberapa tanda yang dapat menunjukkan bahwa komponen sabuk baja CVT mobil Anda mengalami kerusakan. Di antaranya yaitu muncul suara berdecit kasar dari area sabuk baja ketika mobil mulai berjalan, serta akselerasi yang tidak dapat mencapai kecepatan maksimal.

    Jika pernah atau sedang mengalami kedua gejala tersebut, bisa jadi komponen sabuk baja CVT pada mobil Anda sedang bermasalah. Adapun masalah atau kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

    • Salah Menggunakan Oli Transmisi

    Oli transmisi adalah minyak yang berfungsi melumasi komponen mesin, dan terdiri atas beberapa tipe berbeda sesuai jenis transmisi mobil yang digunakan. Jika memakai oli transmisi yang salah, maka dapat merusak komponen seperti sabuk baja CVT.

    Hal ini karena penggunaan oli transmisi yang tidak sesuai dapat menimbulkan abrasi, korosi, hingga kompresi. Akibatnya, komponen-komponen kritis pada sistem transmisi akan rentan mengalami kerusakan, termasuk sabuk baja CVT.

    • Kondisi Kelembaban Tinggi

    Faktor penyebab kedua adalah kondisi udara yang lembab. Tingginya humidity atau kelembaban udara di area ruang mesin dapat meningkatkan keausan pada sabuk baja CVT, sehingga komponennya menjadi kurang presisi dan mengalami kerusakan.

    • Ada Komponen yang Aus

    Faktor terakhir penyebab utama rusaknya sabuk baja CVT adalah komponen yang mulai aus akibat digunakan dalam jangka waktu lama hingga bertahun-tahun. Namun dibandingkan faktor penyebab lainnya, kondisi keausan ini memang normal terjadi.

    Cara Mencegah Kerusakan Sabuk Baja CVT

    Jika sabuk baja CVT mobil rusak, terdapat beberapa dampak yang mungkin akan timbul pada kendaraan, dan dapat Anda rasakan saat berkendara. Salah satu dampaknya yaitu laju mobil akan tersendat sehingga tidak dapat mencapai akselerasi maksimalnya.