Berita

    Simak, Fungsi Rem Cakram Pada Mobil & Cara Kerjanya

    Rem cakram berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan ketika berjalan. Saat ini setiap mobil sudah memiliki teknologi pengereman cakram. Karena hasil pengeremannya yang aman dan dapat menstabilkan penghentian mobil dalam kecepatan yang tinggi.

    Nama lainnya adalah disc brake, cara kerjanya dengan menjepitkan kampas rem dengan gaya gesekan. Selanjutnya, akan dibahas apa saja fungsi rem ini dan bagaimana cara kerjanya di bawah ini.

    Cara Kerja dan Fungsi Rem Cakram Pada Mobil 

    Untuk mengetahui fungsi pengereman cakram berarti sama dengan mengetahui beberapa bagian komponen utamanya. Semuanya memiliki fungsi berkaitan yang secara sistematis bekerja sama dalam sistem pengereman.

    • Piringan Cakram

    Komponen ini fungsinya adalah menerima tekanan dari kampas rem dengan menimbulkan efek braking. Bahan pembuatan piringan cakram ini biasanya baja, sebab harus memiliki ketahanan luar biasa kepada panas. Karena setiap kali melakukan proses pengereman akan memunculkan gaya gesekan.

    • Kampas Rem

    Sementara untuk komponen yang satu ini berfungsi menciptakan gaya gesek dan menjepit piringan cakram. Sehingga dapat membuat laju roda kendaraan terhenti.

    • Kaliper Rem

    Selanjutnya adalah kaliper rem, komponen yang satu ini memberikan efek jepitan pada piringan cakram. Komponen ini bekerja saat muncul tekanan yang diperolehnya dari cairan minyak rem.

    • Pedal Rem

    Di sinilah tuas atau komponen pengereman yang paling dekat dengan pengemudi. Agar sistem pengereman bekerja, pedal rem harus diinjak. 

    • Braket Kaliper

    Selanjutnya adalah braket kaliper, sebuah tempat yang berguna untuk pemasangan kaliper. Sehingga saat terjadi proses pengereman, kaliper tidak bergeser atau bergerak.

    • Rem Penguat

    Komponen yang satu ini fungsinya bekerja dengan mengurangi tenaga yang ditekan saat pedal rem diinjak. Selain itu juga menjaga agar daya rem yang diinginkan tetap sesuai kebutuhan.

    • Silinder Utama

    Bagian ini fungsinya adalah mengkonversi gerakan mekanis menjadi tekanan hidrolik pada sistem pengereman.

    Jenis-Jenis Rem Cakram

    Terdapat tiga jenis pengereman cakram yang beredar di pasaran yang dibedakan menurut cara kerjanya. Berikut ini adalah sedikit ulasannya.

    • Jenis Mekanis dan Hidrolik