Berita

    Simak, Fungsi Throttle Position Sensor Pada Mobil & Cara Kerjanya

    Di salah satu komponen mesin kendaraan terdapat komponen penting yang terhubung dengan bagian katup gas yang disebut dengan Throttle Position Sensor (TPS).

    Komponen yang terletak pada sistem bahan bakar injeksi mobil ini menggunakan variabel resistor sebagai untuk menghasilkan besaran tegangan yang dapat disesuaikan dengan besar sudut throttle valve.

    Nilai sudut ini diubah menjadi besaran arus DC oleh TPS menjadi sumber tegangan yang diberikan oleh (ECU). Makin besar Engine Control Unit besar sudut terbuka yang ada pada throttle valve, maka akan makin besar tegangan output TPS.

    Perubahan nilai tegangan yang dihasilkan oleh TPS akan diinterpretasikan oleh ECU sebagai nilai besaran sudut terbuka TPS di dalam throttle body.

    Fungsi Throttle Position Sensor dan Cara Kerja

    Dari keterangan di atas, kita bisa melihat bahwa TPS merupakan komponen penting untuk sebuah kendaraan. Lantas, apa saja fungsi dari komponen TPS ini? informasi secara rincinya akan dipaparkan di bawah ini.

    • Mengetahui Mode Serta Posisi Mesin

    TPS dapat memberikan informasi mengenai mode dan posisi mesin.  Komponen ini juga mengetahui kondisi mesin saat mengalami perubahan kondisi pada katup throttle, baik saat katup terbuka sepenuhnya, sampai menutup sepenuhnya.

    Kondisi ini akan menunjukkan perbedaan akselerasi, misalnya pada saat katup throttle terbuka penuh maka akan terjadi peningkatan akselerasi.

    Sementara itu, saat katup throttle menutup penuh mesin kendaraan akan mati. Dan, jika katup throttle terbuka setengahnya, kondisi mesin ada di putaran menengah.

    • Menonaktifkan Tombol AC

    Saat katup throttle valve terbuka sepenuhnya, maka TPS akan menonaktifkan tombol AC secara otomatis. Tujuannya, agar mesin dapat mengendalikan emisi kendaraan. ECU kemudian menggunakan informasi dari TPS tersebut untuk menonaktifkan AC kendaraan.

    Saat tombol AC mati, performa mesin akan tetap terjaga, dan beban yang berlebihan pada kendaraan akan berkurang. Dengan begitu kendaraan akan bekerja dengan maksimal dan lebih efektif.

    • Mengecek Udara dan Bahan Bakar

    Throttle Position Sensor (TPS) memberikan informasi tentang koreksi fuel ratio. Informasi tentang fuel ratio adalah sebuah koreksi yang diperoleh dari TPS melalui perbandingan campuran udara dan bahan bakar. Misalnya, saat katup gas sepenuhnya terbuka, jumlah bahan bakar yang diperlukan akan meningkat.