Berita

    Simak Fungsi Gigi Mobil Matic & Cara Mengendarainya

    Saat ini orang lebih memilih untuk menggunakan mobil matic karena lebih mudah untuk digunakan. Bagi beberapa orang yang belum terbiasa, pasti akan merasa cukup bingung dengan gigi mobil matic.

    Mobil matic tentu memiliki cara yang beda dengan mobil manual. Ada transmisi khusus di mana Anda tidak perlu menginjak kopling untuk bisa memindah gigi. Walaupun transmisi ini otomatis, Anda tetap harus tahu kode yang ada pada persneling mobil matic.

    Fungsi Gigi Mobil Matic

    Ketika membahas tentang fungsi gigi mobil matic, maka Anda harus tahu kode yang ada di persneling mobil, yaitu P, R, N, D, D3, 2, dan juga L. Apa saja kegunaan masing-masing kode? Temukan jawabannya di bawah ini.

    • P untuk Park

    P berarti parkir. Saat Anda memposisikan persneling di sini, transmisi akan secara otomatis terkunci dan mobil tidak akan bisa bergerak. Perlu Anda ingat, ini bukan berfungsi untuk rem parkir.

    • R untuk Reverse

    Tanda ini memiliki fungsi agar mobil bisa melaju ke belakang. Ini sangat bermanfaat untuk membantu memarkir mobil di tempat yang relatif sempit.

    • N untuk Neutral

    Ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan P, tetapi berada di kondisi netral. Saat berada di posisi ini, mobil tidak sepenuhnya berhenti. Mobil masih bisa mundur atau maju saat didorong. Ini sangat berguna saat kondisi jalanan macet.

    • D untuk Drive

    Saat ingin melaju, Anda bisa langsung pakai D. ini sangat cocok untuk jalan yang normal dan datar. Perlu Anda tahu, ini kurang oke untuk jalan yang berlubang atau menanjak. Anda sangat membutuhkan rem dan gas, serta Electronic Control Unit (ECU).

    • Kode 2 dan 3

    Kode 2 ini terletak di bawah D. Kode ini memiliki fungsi untuk melewati tanjakan tapi tidak terlalu curam. Ini juga bisa Anda gunakan saat butuh engine break. 

    Sedangkan kode 3 terletak di sebelah D, atau biasa disebut dengan D3. Kode ini berfungsi untuk mengoperasikan mesin dan membatasi perpindahan gigi yang maksimal.

    • L untuk Low

    Mesin akan menggunakan gigi rendah saat Anda memposisikan persneling ke L. Ini juga berfungsi untuk membatasi rem agar tidak berpindah ke gigi lain. Dengan L, Anda bisa membawa mobil melaju di tanjakan curam dan panjang.