Berita

    Simak Fungsi Throttle Position Sensor Pada Mobil & Cara Kerjanya.

    Throttle position Sensor atau bisa disebut juga dengan sensor TPS. Jika Anda menggunakan kendaraan tipe injeksi, mungkin Anda sudah tidak lagi asing dengan komponen satu ini. Komponen ini menyatu dengan badan throttle dan selalu terhubung dengan katup gas atau throttle valve.

    Fungsi utama dari TPS yaitu untuk mendeteksi perubahan yang terjadi pada throttle gas dan memastikannya pada posisi dan sudut yang benar. Untuk mengenali fungsi TPS dan cara kerjanya, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

    4 Kegunaan Throttle Position Sensor

    Selain fungsi utama yang telah disebutkan, masih ada 3 fungsi lain dari TPS sebagai berikut.

    • Memberi Informasi Mode dan Kondisi Kendaraan

    Sebagaimana fungsi utama dari TPS dalam mendeteksi setiap perubahan pada throttle gas, kemudian TPS akan masuk ke mode engine. 

     Ketika katup terbuka maka akselerasi mobil akan meningkat, sementara ketika katup dalam posisi terbuka setengah artinya mesin berada di perputaran menengah. Begitu juga ketika katup tertutup, jika dalam posisi itu mesin kemudian akan mati.

    • Menjaga Perbandingan BBM dan Udara

    Fungsi throttle position sensor yang kedua yaitu untuk menjaga perbandingan campuran dari BBM dan udara. Informasi yang diperoleh dari setiap perubahan pada throttle gas, digunakan juga untuk TPS mengoreksi perbandingan dari BBM dan udara yang ada di dalam.

    Misal ketika throttle valve terbuka secara penuh, maka bahan bakar yang dibutuhkan untuk mobil semakin banyak. Begitu juga sebaliknya, jika throttle valve terbuka sedikit atau separuhnya, bahan bakar yang dibutuhkan tidak sebanyak ketika terbuka penuh.

    Hal ini supaya hasil dari pembakaran energi dari BBM dapat menghasilkan energi yang sempurna untuk mobil.

    • Mengontrol Fuel Cut

    Pengertian dari fuel cut yaitu pemutusan ada menghentikan pasokan bahan bakar. Hal ini dilakukan ketika throttle valve tertutup sepenuhnya, sehingga dengan informasi perubahan tersebut pembakaran bahan bakar pun dihentikan dengan cara mematikan injector di seluruh mesin.

    • Memberhentikan Switch AC

    Fungsi terakhir dari throttle position sensor yaitu menghentikan kontrol emisi dan switch AC. Informasi dari throttle gas, jika posisi throttle valve terbuka sepenuhnya TPS secara otomatis akan mematikan switch AC.

    Hal itu mengindikasikan beban penuh, sehingga ECU menggunakan indikatornya untuk mematikan AC. 

    Cara Kerja TPS