Berita

    Terungkap, Ini Penyebab Ban Mobil Benjol & Cara Mencegahnya

    Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak sekali komponen yang terdapat pada sebuah mobil, bukan hanya mesin ataupun bensin. Tapi, terdapat juga ban yang menjadi komponen penting untuk menggerakan mobil. Kondisi ban yang bagus tentu akan meningkatkan performa kendaraan. Tapi terkadang situasi yang tak diinginkan datang menghampiri anda. Selain ban bocor, terkadang juga ditemui kasus ban mobil anda benjol.

    Penyebab Ban Mobil Benjol

    Sebagai pemilik mobil, anda tentu pernah merasakan gimana rasanya pas ban mobil benjol. Performa mobil otomatis akan menurun atau bahkan mobil tidak dapat digunakan lagi. 

    Berikut ini penyebab ban mobil anda yang mengalami kebenjolan :

    1. Pengisian Angin Pada Ban Yang Terlalu Over atau Berlebihan 

    Ban mobil yang kempes biasanya disebabkan karena kekurangan angin. Sudah seharusnya kita mengisi angin supaya kondisi ban normal alias kembali seperti semula. Kalau sudah terisi, mengemudi juga terasa sangat menyenangkan. Tapi, mengisi ban mobil ada aturannya, tidak boleh asal-asalan. Ban mobil yang terlalu “kembung” bisa berakibat pada munculnya benjolan di sekitar permukaan ban. Untuk meminimalisir ban benjol, alangkah baiknya jika Anda mengukur kadar angin pada ban tersebut.

            2. Perubahan Bentuk Ban

    Siklus hidup ban sama seperti siklus hidup manusia. Seiring berjalannya waktu, keduanya akan menua, bentuknya juga akan mengalami deformasi alias perubahan. Misalnya, ban yang sudah berumur bentuk permukaannya akan botak. Nah, ketika ban mobil botak tapi masih saja dipakai untuk menempuh perjalanan jauh, kemungkinan besar ban tersebut akan memiliki benjolan pada permukaan sisinya.

            3. Permukaan Pada Ban Yang Terlalu Sering Terkena Benda Tajam

    Kondisi jalan raya di Indonesia tidak pernah bersih dari namanya benda-benda tajam. Seperti, paku, beling, dan sekrup bangunan. Selain ban bocor, mobil juga akan rentan mengalami kebenjolan. Kebenjolan makin mudah terjadi kalau saja mobil tersebut masih dibawa bepergian, apalagi dalam perjalanan jauh. Untuk menghindari kasus ini, sebaiknya berkendaralah di jalanan yang mulus, yang kondisi aspalnya bagus dan terbebas dari benda-benda tajam.

            4. Suspensi Mobil Keras Dan Mati

    Pengguna mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan namanya suspensi. Ya, suspensi merupakan suatu komponen di dalam mobil yang berguna untuk meredam getaran saat mobil melalui jalanan yang tidak rata. Saat suspensi mobil keras lalu mati, berhati-hatilah karena ada kemungkinan ban mobilmu akan benjol atau malah sudah benjol. Tidak hanya itu saja, mobil yang bantingan mobil yang terlalu keras juga otomatis berpengaruh pada ban, akhirnya ban pun benjol.

    Nah, itulah beberapa penyebab yang membuat ban mobil anda mengalami kebenjolan. Untuk kenyamanan berkendara, alangkah baiknya jika Anda melakukan tindak lanjut pada ban mobil yang sudah benjol. Kalau ternyata ban mobilmu sudah botak atau benjol, lakukan penggantian ban dengan ban baru yang berkualitas tinggi. Pergantian ban bisa dilakukan di bengkel resmi suzuki dengan cara mengunjungi di website www.suzukisumberbaru.co.id . Ban yang berkualitas tentu lebih awet dan tahan lama. Jadi, Anda tidak perlu gonta-ganti ban setiap tahun.