Berita

    Wajib Tahu! Cara Memasang Relay Lampu Pada Mobil

    Orang yang awam di bidang otomotif mungkin tidak begitu paham dengan komponen-komponen lampu, termasuk relay lampu mobil. Bila dilihat dari segi fungsinya, relay berguna untuk memperkuat arus listrik pada kendaraan.

    Sehingga mampu meningkatkan kinerja sistem kelistrikan pada mobil meski menggunakan sistem pengapian yang kecil. Sehingga keberadaannya cukup dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja mesin dalam menghantarkan daya listrik. 

    Cara Memasang Relay Lampu Mobil

    Relay adalah komponen berupa switch elektrik yaitu semacam sakelar yang beroperasi menggunakan arus listrik. Sebenarnya komponen ini tidak hanya digunakan untuk mobil tapi juga pada alat-alat elektronik. 

    Relay biasanya dipasang pada mobil balap atau mobil offroad tapi sekarang banyak juga mobil keluarga yang menggunakannya. Komponen ini dapat dinyalakan ketika headlamp mulai meredup, sehingga membuat lampu menjadi lebih terang.

    Secara umum, ada dua cara masang relay lampu mobil berdasarkan jenisnya. Berikut detail cara pemasangannya. 

    • Pemasangan Set Relay Lampu

    Harga satu set relay lampu bermacam-macam tergantung kualitas dan spesifikasinya. Komponen ini bisa dibeli di toko suku cadang otomotif atau bengkel. Biasanya dijual dalam beberapa pilihan, yaitu 2 relay – 4 relay dengan harga antara Rp100 ribu - Rp300 ribu. 

    Cara memasang jenis set relay tergolong cukup mudah asalkan dilakukan dengan teliti dan hati-hati. Pertama Anda perlu menggunakan antara soket lampu dengan soket terminal negatif dan positif pada bagian aki mobil. 

    Setelah benar-benar terpasang, nyalakan lampu relay untuk melakukan uji coba. Jika ragu melakukannya, Anda bisa meminta bantuan montir atau teknisi bengkel untuk memasangnya.

    • Pemasangan Relay Lampu Rakitan

    Cara selanjutnya ini untuk pemasangan jenis relay lampu terpisah atau rakitan. Prosesnya tergolong rumit namun lebih hemat biaya karena harga komponennya termasuk murah. 

    Merakit relay lampu sendiri tidak disarankan untuk orang awam karena dibutuhkan keahlian. Sehingga lebih baik dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang otomotif. Berikut langkah-langkah membuat dan memasang relay lampu rakitan:

    • Langkah pertama, Anda harus membeli soket lampu mobil dan relay yang akan dirakit. Setelah mendapat komponen yang lengkap barulah bisa dirangkai.
    • Walaupun biaya yang dikeluarkan terbilang sedikit, Anda harus merangkainya dengan skema yang benar supaya nanti hasilnya bisa maksimal.
    • Setelah selesai dirakit, selanjutnya hubungkan bagian relay lampu mobil dengan bagian sekring terlebih dahulu.
    • Baru setelah itu sambungkan ke bagian ground mobil. Lalu hubungkan kabel relay dengan sakelar supaya lampu mobil dapat menyala dengan terang. Setelah selesai dipasang, nyalakan relay lampu untuk melakukan uji coba.