Berita

    Apa itu Flo Tol? Pentingnya bagi Pengendara

    Flo Tol baru-baru ini sedang ramai dibicarakan. Istilah ini sering ditemui dan digunakan oleh pengguna jalan dan petugas yang berhubungan dengan jalan raya.

    FLO adalah singkatan dari Fast Lane Only, yaitu adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna jalan tol tidak perlu menantikan implementasi sistem Multi Lane Free Flow (MLFF) untuk melakukan pembayaran tol secara non-tunai tanpa perlu berhenti.

    Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya, Jasa marga Tollroad Operator (JMTO), resmi mengoperasikan sistem pembayaran tol non-tunai tanpa kontak Single Lane Free Flow (SLFF) melalui aplikasi yang dinamai Let It Flo.

    Aplikasi ini menawarkan kemudahan dalam bertransaksi di jalan tol sudah bisa dinikmati oleh para pengguna jalan tol.

    Flo Tol adalah?

    Let It Flo merupakan bagian dari sistem pembayaran tol non-tunai dan tanpa sentuhan atau yang dikenal dengan sebutan SLFF berbasis Radio Frequency Identification (RFID).

    RFID berbentuk chip dan antena yang menyimpan data tentang objek, dalam hal ini adalah kendaraan atau mobil.

    Untuk dapat menggunakan aplikasi Let It Flo, para pengguna wajib mempunyai stiker RFID yang fungsinya sebagai sensor. Stiker ini ditempatkan di bagian kaca depan kendaraan yang telah terdaftar.

    Dengan adanya stiker tersebut, data kendaraan terdaftar di aplikasi Flo. Stiker itu kemudian akan terbaca ketika kendaraan masuk gerbang tol. Dan, secara otomatis saldo dalam aplikasi Flo akan berkurang.

    Selama stiker RFID terpasang di bagian depan kendaraan dan saldo di aplikasi cukup, pengguna jalan tol dapat melalui gerbang tol tanpa perlu berhenti.

    Namun, penting untuk diingat bahwa aplikasi Flo belum diterapkan secara luas di semua gerbang tol di Indonesia, walaupun Jasa Marga telah memperkenalkannya sejak tahun 2017.

    Baca Juga : Web Site Resmi Suzuki Wonosari Sumber Baru Mobil

    Cara Daftar Aplikasi Flo Tol

    Untuk melakukan pendaftaran di aplikasi ini, Anda hanya memerlukan tiga langkah mudah. Berikut adalah poin-poinnya:

    • Buka Play Store dan unduh Let It Flo di sana.
    • Lakukan pemesanan stiker RFID dan tentukan lokasi pengambilan stikernya.
    • Datanglah ke lokasi pemasangan stiker RFID dengan kendaraan sesuai tanggal yang telah ditentukan.

    Selanjutnya, tim teknisi yang bertugas akan membantu proses, mulai dari pemasangan, pengujian sensor, dan aktivasi stiker RFID. Lalu, pengguna dapat mulai mengisi untuk melintasi jalan tol tanpa berhenti.