Berita

    Mengenal Apa itu Defogger Mobil dan Fungsinya

    Jika Anda memiliki mobil dan memperhatikan berbagai tombol pada dasbor, maka Anda akan menemukan tombol defogger. Banyak pengendara mobil yang mengira bahwa tombol satu ini hanya pemanis saja, padahal perannya sangat penting terlebih jika pada musim hujan.

    Defogger mobil memiliki fungsi penting salah satunya adalah penunjang keselamatan Anda dalam berkendara mobil. Untuk mengetahui peran dan fungsi penting defogger serta cara kerja tombol tersebut, simak ulasannya di bawah ini!

    Definisi Defogger Mobil dan Fungsinya!

    Memahami fungsi tombol fitur defogger pada kendaraan Anda, maka wajib untuk mengetahui definisinya terlebih dahulu. Defogger adalah fitur yang terdapat pada dasbor mobil yang dapat menghilangkan embun pada kaca mobil.

    Gambar tombol defogger membentuk 3 anak panah atau garis horizontal yang bergelombang pada sisi kaca mobil. Apabila Anda tekan maka akan menghasilkan hawa panas yang menghilangkan embun. Untuk fungsinya sendiri, Anda dapat menyimak ulasannya di bawah ini!

    • Menghapus Embun Di Kaca Mobil

    Fungsi paling utama dari fitur defogger adalah menghapus embun pada kaca mobil. Karena kemunculan embun saat cuaca buruk seperti hujan lebat mengganggu pengendara, salah satu cara untuk menghapus embun adalah menggunakan fitur satu ini.

    embun kaca mobil

    Defogger berfungsi hanya mengeluarkan hawa panas untuk menghapus embun, bukan untuk menghapus kotoran pada kaca. Sehingga jika fungsinya tidak dibutuhkan, maka Anda sebaiknya mematikan fitur ini.

    • Membuat Visibilitas Pengendara Lebih Baik

    Kedua, jika embun berhasil dihilangkan ketika Anda berkendara, maka otomatis akan membuat kualitas pandangan Anda ketika berkendara menjadi lebih baik. Sehingga fungsi kedua defogger adalah menciptakan kenyamanan pengendara mobil.

    Patut Anda ketahui bahwa fitur defogger terbuat dari kawat tipis yang bersifat panas aktif. Disarankan jika Anda sudah mendapatkan visibilitas yang baik, maka matikan tombol defogger dan nikmati kenyamanan berkendara Anda. 

    • Memberikan Kenyamanan Mengemudi Saat Cuaca Buruk

    Fungsi ketiga adalah memberikan kenyamanan dan keamanan saat mengemudi, terutama pada cuaca buruk. Ketika Anda berkendara pada cuaca buruk seperti di pegunungan atau hujan lebat, embun pasti akan terbentuk karena suhu kaca yang tidak sesuai.

    Hal ini jika dibiarkan maka akan membahayakan Anda dan pengendara lainnya. Maka dari itu, jika Anda sudah mengalami ketidaknyamanan dalam melihat jalan raya di depan karena embun. Saatnya menyalakan fitur defogger hingga embun hilang sepenuhnya.