Berita

    Apa itu Rocker Arm di Mesin Mobil?

    Di dalam mobil, ada berbagai mekanisme yang mendukung kinerja kendaraan, salah satunya yaitu mekanisme katup. Mekanisme tersebut berguna untuk sistem sirkulasi dan pembakaran di dalam mobil, sehingga dibutuhkan berbagai komponen termasuk rocker arm.

    Apakah Anda sudah mengenal komponen mobil yang satu ini? Mari simak penjelasan dalam artikel ini dan ketahui juga berbagai fungsinya!

    Apa itu Rocker Arm?

    Ini merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi sangat penting dalam mekanisme katup, sesuai yang sudah dijelaskan sebelumnya. Banyak juga orang yang menyebutnya sebagai pelatuk klep atau templar.

    Posisi dari pelatuk klep ini secara umum berada di bagian atas komponen kepala silinder, baik untuk jenis mekanisme katup overhead camshaft atau OHC dan katup overhead valve atau OHV.

    Fungsi Komponen Rocker Arm

    Setiap komponen yang ada di dalam mobil tentunya memiliki fungsinya masing-masing untuk mendukung kinerja kendaraan. Berikut adalah berbagai fungsi yang dimiliki oleh komponen pelatuk klep.

    • Membuka dan Menutup Intake Valve atau Katup Hisap

    Fungsi pertama dari komponen ini yaitu untuk membuka dan menutup komponen intake valve atau yang juga dikenal sebagai katup hisap.

    Dalam melakukan fungsi pertama ini, ada komponen lain yang turut mendukungnya, yaitu camlobe. Dengan adanya dorongan dari camlobe, maka proses penekanan akan menjadi lebih mudah dan menjadikan katup hisap terbuka.

    • Membuka dan Menutup Exhaust Valve atau Katup Buang

    Selain katup hisap, katup buang juga memerlukan kinerja dari komponen pelatuk klep. Komponen ini diperlukan untuk membuka dan menutup bagian katup buang.

    Dengan adanya proses tersebut, maka gas sisa hasil pembakaran akan dikeluarkan dari bagian ruang bakar, lalu diarahkan menuju saluran pembuangan gas.

    Namun, untuk proses yang satu ini, akan tergantung dari jenis mobilnya, sehingga bisa jadi memiliki proses yang berbeda.

    • Media yang Menghubungkan Katup dan Camshaft

    Di dalam mobil, terdapat komponen yang bernama camshaft atau yang juga biasa disebut crankshaft. Ini merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk menggerakkan pelatuk klep.

    Lalu, ini juga berkaitan dengan fungsi berikutnya dari pelatuk klep, yaitu untuk menjadi penghubung antara komponen katup dan camshaft.

    Jika tidak didukung oleh pelatuk klep, maka sistem pembakaran di dalam mobil pun tidak akan berjalan dengan maksimal.

    • Memainkan Peran untuk Sistem Sirkulasi Udara dan Sistem Pembakaran

    Selanjutnya, komponen pelatuk klep juga memainkan peran yang cukup penting dalam sistem sirkulasi udara dan pembakaran di dalam mesin mobil.

    Dengan adanya komponen ini, maka sistem pembakaran akan mendapatkan bahan bakar yang sudah tercampur secara sempurna dengan komponen udara.

    Adanya campuran yang tepat membuat mesin mobil dapat melakukan proses pembakaran yang tepat dan mobil dapat bergerak sesuai dengan kemudi.

    • Sebagai Penyetel dari Celah Katup

    Apabila komponen klep pada mobil Anda masih butuh disetel, maka hal tersebut akan dibantu oleh bagian ujung dari komponen pelatuk klep.

    Dengan begitu, maka bagian tersebut akan disesuaikan dengan nilai atau jenis spesifikasi yang diperlukan untuk mendukung kinerjanya.

    Jika hal ini tidak diatur, lalu tempat membuka atau celah katupnya menjadi terlalu besar, maka akan berpengaruh terhadap menurunnya kualitas dan kinerja dari mesin kendaraan.

    Begitu pula jika celahnya terlalu kecil, dapat membuat katup tidak bisa berfungsi secara maksimal ketika melakukan tugasnya.

     

    Setelah membaca berbagai penjelasan di atas, maka tentunya Anda sudah lebih memahami betapa pentingnya komponen mobil yang satu ini.

    Maka dari itu, penting untuk memastikannya berada dalam kondisi prima, sehingga fungsinya dapat berjalan dengan optimal.