Berita

    Featured Image

    Bagian Mobil Ini Bisa Berkarat Jika Asal-asalan Mencuci Mobil

    Tahukah Anda bahwa bagian-bagian mobil bisa berkarat setelah proses pencucian yang tidak tepat? Masalah komponen mobil berkarat ini tentu harus Anda waspadai agar tidak terjadi dan merusak performa mobil secara keseluruhan. 

    Mencuci mobil secara rutin memang penting untuk dilakukan. Namun pastikan bahwa Anda sudah mencuci mobil dengan tepat. Jangan sampai salah langkah dan membuat beberapa komponen mobil jadi berkarat. 

    Bagian Mobil Berkarat Jika Asal-asalan saat Mencuci

    Mencuci mobil seringkali dianggap sebagai sebuah proses yang mudah. Padahal cara mencuci yang salah bisa memicu beragam dampak buruk. Tidak hanya mobil jadi kurang bersih tapi juga bisa rusak dan berkarat. 

    Ada beberapa bagian mobil yang harus diperhatikan selama proses pencucian. Jika Anda asal-asalan saat mencuci, berikut ini ada beberapa komponen mobil yang akan berkarat. 

    • Pintu Mobil

    Bagian pintu mobil ternyata cukup mudah berkarat jika Anda tidak melakukan proses pencucian dengan tepat. Pintu mobil pada umumnya terbuat dari bahan besi yang cenderung tipis. 

    Perlu diketahui juga bahwa pintu mobil sering terpapar air hujan dan lumpur. Sebaiknya bagian ini dibersihkan dengan cara yang tepat dan dikeringkan sampai benar-benar kering agar terhindar dari karat. 

    • Kap Mobil

    Pastikan Anda membersihkan bagian kap mobil dengan cermat selama proses pencucian. Bagian ini juga mudah berkarat apalagi jika Anda tidak mengeringkannya dengan benar setelah dicuci. 

    • Knalpot

    Bagian yang satu ini seringkali tidak dibersihkan dengan benar saat proses pencucian mobil. Padahal knalpot merupakan salah satu bagian mobil yang cukup mudah berkarat. 

    Knalpot adalah bagian yang sangat dekat dengan kotoran dan debu-debu di jalanan. Selain itu knalpot juga mudah terpapar air hujan dan lumpur. Jika tidak dibersihkan dengan benar maka knalpot mobil Anda akan mudah berkarat. 

    • Kolong Mobil

    Masalah mobil berkarat memang paling banyak ditemui pada bagian kolong. Banyak orang lebih fokus pada bodi mobil saat proses pencucian dan tidak memperhatikan area kolong mobil yang kotor. 

    Padahal kolong mobil secara otomatis selalu bersinggungan langsung dengan lumpur, air hujan, juga debu-debu di jalanan. Selain itu beragam jenis komponen yang ada di kolong mobil juga terbuat dari bahan besi yang sangat mudah berkarat. 

    Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka bagian kolong mobil ini akan sangat mudah berkarat. Karat tersebut nantinya bisa semakin parah dan merusak performa setiap komponen yang ada di kolong mobil. 

    • Velg Ban

    Ternyata bagian velg ban juga cukup mudah berkarat jika tidak dicuci dan dibersihkan dengan benar. Perlu diketahui bahwa velg ban ini memiliki lubang baut yang sering terpapar kotoran di jalanan. 

    velg banPexels.com

    Apabila Anda sering berkendara di tengah hujan, bagian lubang baut pada velg tadi juga akan terpapar air hujan yang kotor. Proses pencucian mobil seharusnya dilakukan sampai ke lubang-lubang tersebut agar terbebas dari karat. 

    • Bagian Bawah Bodi Mobil 

    Anda juga perlu memperhatikan bagian bawah bodi mobil saat proses pencucian. Area ini cenderung mudah berkarat karena sering terpapar kotoran jalanan dan percikan air hujan. 

    Jangan hanya membersihkan bagian atas bodi mobil Anda namun lakukan juga pembersihan di bagian bawah. Selain itu keringkan bawah bodi mobil sampai benar-benar kering untuk mencegah karat.