Berita

    Mobil Terkena Cat? Ini Tips Menghilangkannya

    Mobil kena cat memang bisa merusak tampilan eksterior kendaraan. Tidak hanya mengganggu estetika saja, mobil yang terkena tumpahan cat juga bisa merusak lapisan cat mobil itu sendiri.

    Jika Anda bingung menghadapi masalah demikian, tentu tidak perlu bingung. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mobil yang terkena cat. Simak pembahasan artikel ini lebih lanjut!

    Tips Menghilangkan Mobil Kena Cat

    Ada beberapa kiat cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan cat pada mobil Anda. Berikut beberapa langkahnya beserta dengan penjelasan singkatnya!

    • Aseton

    Aseton adalah salah satu produk kecantikan yang kerap digunakan untuk menghapus kuteks pada kuku wanita. Meski begitu, kandungan bahan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan cat yang menempel pada mobil.

    cairan pembersih catFreepik.com

    Anda hanya perlu membersihkannya dengan menuangkan sedikit aseton ke daerah yang terkena cat lalu menggosoknya secara lembut dan perlahan. Setelah itu, bersihkan menggunakan lap kering hingga cat benar-benar hilang.

    • Detailing Clay

    Detailing Clay adalah produk yang mampu menghilangkan zat yang menempel pada bagian mobil tanpa merusak permukaannya. Proses penggunaannya membutuhkan bantuan clay lubricant agar bisa membersihkan secara maksimal. 

    Caranya, Anda tinggal menggosokkan detailing clay ke bagian bekas cat dengan gerakan memutar, lalu membersihkan sisa kotoran menggunakan kain microfiber. Lakukan secara berulang jika cat yang tumpah terkena di beberapa titik permukaan mobil Anda.

    • Lilin Carnauba

    Bahan lilin carnauba yang telah dicairkan memiliki kemampuan untuk menghilangkan bekas cat semprot pada mobil. Caranya Anda tinggal mengoleskan lilin secukupnya ke spons yang bersih.

    Kemudian, Anda tinggal menggosokkannya sampai lapisan tumpahan cat rontok dan menghilang. Setelah itu, baru Anda bisa membersihkan sisa kotoran lilin menggunakan kain microfiber.

    • Minyak Goreng

    Kandungan minyak goreng terdiri dari lemak dan minyak yang memiliki sifat dapat melarutkan cat tembok. Anda bisa mengoleskan minyak goreng ke noda cat, lalu biarkan selama sekitar 10-15 menit. 

    Setelah itu, gosok secara perlahan menggunakan kain lembut, kotoran cat akan rontok secara perlahan. Jika cat sudah terangkat, Anda bisa membersihkannya menggunakan sabun dan air dan mengelapnya hingga kering.

    • Pasta Gigi

    Kandungan di dalam pasta gigi juga memiliki sifat yang dapat melarutkan cat tembok. Anda bisa mengoleskan pasta gigi yang terkena cat, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu, gosok menggunakan spons atau kain lembut secara perlahan hingga cat menghilang.

    • Sabun Cuci Piring

    Langkah selanjutnya adalh menghilangkan cat tembok menggunakan sabun pencuci piring. Caranya Anda bisa mencampurkan sabun dengan air hangat, lalu gosokkan ke area yang terkena cat.

    Gosok secara perlahan hingga lapisan cat tembok rontok. Setelah itu, bersihkan menggunakan air lalu keringkan menggunakan kain lembut hingga mengering.

    Cara alternatif yang terakhir bisa Anda lakukan dengan mendatangi bengkel terdekat untuk menghilangkan mobil kena cat dengan teknisi profesional. Tentu langkah ini lebih mudah agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah karena kesalahan dalam menerapkan cara menghilangkan cat pada mobil.

    Jadi, sudah tahu cara mengatasi tumpahan cat yang terkena mobil? Tentu Anda tidak perlu bingung lagi mengingat semua tips di atas sangat mudah dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan atau produk yang bisa ditemukan di toko dan rumah.