Berita

    Daftar Hand Tools yang wajib Dibawa di Mobil

    Memiliki kendaraan tidak bisa hanya dengan membelinya saja. Pemilik kendaraan juga harus mengantisipasi berbagai kondisi di jalan, termasuk keadaan darurat. Ada beberapa jenis alat bantu kerja untuk merawat kendaraan mulai dari power tools, special service tools, hingga yang paling banyak digunakan, hand tool.

    Hand tool adalah peralatan yang dioperasikan langsung dengan menggunakan tenaga manusia. Tiap-tiap jenis peralatan pun memiliki kelompok dan fungsi berbeda beda. Dan berikut adalah beberapa hand tool yang umum digunakan pada sebuah kendaraan

    Kelompok Wrench/Kunci

    Kelompok hand tool yang pertama adalah kunci atau wrench. Berikut macam-macam kunci yang umum digunakan.

    1. Kunci pas

    Berbentuk segi enam, kunci pas umumnya digunakan untuk melepas baut (atau mur) dengan sela yang sempit.

    2. Kunci ring

    Memiliki bentuk segi dua belas dengan segi yang lebih banyak dari kunci pas, kunci ring dapat digunakan untuk melepas baut pada sudut yang lebih leluasa.

    3. Kunci kombinasi (pas-ring)

    Sesuai namanya, kunci ini mengkombinasikan dua jenis kunci, pas dan ring. Pada satu ujung, kunci ini memiliki bentuk kunci pas dan di ujung lainnya berbentuk kunci ring.

    4. Kunci T

    Kunci T memiliki bentuk yang menyerupai huruf T. Fungsi hand tool satu ini adalah untuk melepas baut yang terletak di dalam lubang.

    5. Kunci shock

    Kunci shock berbentuk tabung. Fungsinya serupa dengan kunci T, namun kunci ini dapat dilepas dari handle-nya sehingga bisa ditukar sesuai dengan ukuran baut.

    6. Hexagonal L key

    Hexagonal L key berbentuk segi enam dengan sudut yang berkebalikan dari sudut-sudut segi enam pada baut. Dengan begitu, kunci ini dapat digunakan untuk melepas baut.

    7. Kunci inggris (adjustable wrench)

    Sesuai dengan namanya, kunci ini adjustable atau dapat disesuaikan ukurannya. Alhasil, kunci ini pun dapat digunakan pada hampir semua jenis baut atau mur.

    Kelompok Tang

    Kelompok hand tool selanjutnya adalah tang. Berikut sejumlah jenis tang dan fungsinya yang penting untuk Anda ketahui.

    8. Tang potong

    Fungsi hand tool satu ini adalah untuk memotong kabel, kawat, atau bahkan logam tipis pada mobil.

    9. Tang lancip

    Bentuknya serupa gunting. Fungsi tang lancip adalah sebagai penjepit.