Berita

    Cek Lagi! Dampak Ketika Lampu Mobil Lupa Dimatikan

    Salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan pemilik mobil adalah membiarkan lampu mobil menyala saat mesin dimatikan. Lantas apakah dampak lupa mematikan lampu mobil akan menimbulkan masalah yang fatal?

    Ya, tentu ini akan membuat mobil menjadi lebih boros terhadap penggunaan listrik maupun bahan bakar. Simak lebih lanjut untuk mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan dari membiarkan lampu mobil menyala!

    Dampak Lupa Mematikan Lampu Mobil

    Kebiasaan ini, tentunya perlu Anda hindari untuk menjaga kinerja mesin tetap bekerja dengan maksimal. Berikut beberapa dampak akibat lupa mematikan lampu saat mobil telah digunakan.

    • Aki Mobil Cepat Habis

    Aki adalah sumber energi listrik yang paling utama pada mobil. Meskipun mesin mobil dalam keadaan mati, aki akan tetap bekerja dan mengeluarkan daya tanpa henti agar lampu tetap menyala.

    Jika hal ini berlangsung dalam waktu lama, tentu ini akan membuat aki mobil cepat tekor. Bahkan lebih parahnya, ini juga bisa mempercepat usia aki sehingga mudah rusak dan perlu dilakukan penggantian dengan aki baru.

    • Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

    Tidak hanya daya konsumsi aki yang meningkat, dampak lupa mematikan lampu mobil juga bisa meningkatkan penggunaan bahan bakar mobil. Hal ini dikarenakan alternator dari aki tersebut bekerja dengan keras untuk menghasilkan daya.

    Meski begitu, dampak ini tidak terlalu signifikan jika lampu menyala dalam waktu singkat. Hanya saja, apabila kebiasaan lupa ini berlangsung dalam jangka panjang, tentu akan terasa penggunaan bahan bakar mobil menjadi boros.

    • Lampu Mobil Rusak

    Alasan lain yang dapat timbul akibat lampu mobil lupa dimatikan adalah bisa menyebabkan kerusakan pada komponen lampu itu sendiri. Hal ini disebabkan karena panas yang dihasilkan oleh lampu merusak bagian arus listrik.

    Panas yang berlebihan ini juga dapat menyebabkan mika lampu menjadi kusam dan retak. Tentunya ini juga berpengaruh terhadap intensitas cahaya yang berkurang sehingga akan mengganggu kenyamanan pengemudi ketikan perjalanan malam hari.

    Tips Mengatasi Lupa Mematikan Lampu Mobil

    Setelah mengetahui dampak dari lupa mematikan mobil, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti!

    • Periksa Kondisi Aki Mobil

    Langkah pertama adalah memeriksa kondisi aki mobil setelah menyadari lampu mobil lupa dimatikan. Anda bisa mengeceknya dengan starter mobil untuk menghidupkan mesin kendaraan. Jika mesin tidak menyala atau suara starter melemah, ini bisa menjadi tanda bahwa aki mobil hampir habis.

    • Isi Daya Aki

    Jika Anda mendapati aki mobil telah habis, segera lakukan pengisian daya menggunakan jumper kabel. Caranya hubungkan jumper kabel ke aki mobil Anda dari aki mobil lain sesuai petunjuk yang benar. Cara ini dapat membantu untuk mendapatkan daya tambahan saat ingin menghidupkan mesin mobil.

    mengisi daya aki

    • Cek Lampu Mobil

    Saat lampu mobil lupa dimatikan dalam waktu lama, ada kemungkinan lampu mengalami kerusakan atau terbakar. Maka dari itu segera periksa untuk memastikan kondisinya masih baik. Jika lampu rusak, segera ganti dan melakukan perbaikan ke bengkel terpercaya agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

    • Perhatikan Konsumsi Bahan Bakar

    Selanjutnya, perhatikan juga konsumsi bahan bakar selama beberapa minggu setelah lupa mematikan lampu mobil. Umumnya masalah ini bisa menyebabkan meningkatnya konsumsi bahan bakar secara tidak wajar. Jika mendapati masalah tersebut, segera lakukan pengecekan ke bengkel terpercaya untuk memperbaiki masalah yang terjadi.