Berita

    Faktor yang Memicu Kerak Karbon di Ruang Bakar

    Performa mesin yang terus menerus menurun dipicu oleh beberapa sebab. Satu di antaranya yakni penumpukan kerak karbon di ruang bakar.

    Kok bisa? Tentu bisa. Sebab kerak karbon atau kerak mesin ini bisa menumpuk dan menyebabkan performa mesin menurun. Tentu ada penyebab yang harus segera dihindari.

    Faktor Pemicu Kerak Karbon

    Sedikitnya ada tiga penyebab muncul kerak karbon di ruang bakar. Berikut penjelasan lengkapnya:

            1. Ada Sisa Proses Pembakaran

    Proses pembakaran yang dilakukan mesin kerap tidak sempurna. Seperti karena kualitas bahan bakar yang ternyata tidak baik, atau juga proses pembakaran yang tiba-tiba berhenti.

    Proses pembakaran yang tak sempurna itu bisa menghasilkan sisa berupa kerak karbon. Apabila kondisi ini terus terjadi, sisa pembakaran atau kerak ini akan menumpuk.

    Ditambah lagi jika mesin tiba-tiba mati saat pembakaran sedang berlangsung. Maka bahan bakar ini bakal menjadi karbon. Sehingga kerak yang menumpuk bertambah banyak.

            2. Ada Endapan Debu hingga Oli

    Selain karena ada sisa pembakaran, endapan debu hingga oli bisa jadi pemicu adanya kerak karbon lho! Utamanya ketika selesai melakukan isapan intake valve. Saat proses itu terjadi, debu juga oli bisa turut terserap dan membentuk endapan. Kerak karbon di ruang bakar pun bisa terbentuk.

    Ada lagi yang menyebabkan oli masuk pada ruang bakar. Oli ini masuk melalui ring piston yang bercelah. Oli ini memiliki molekul yang besar, juga titik didih yang tinggi ketimbang bensin. Sehingga jika masuk ke ruang bakar, ada banyak sisa yang tak bisa terbakar. Hasilnya kerak karbon bisa terbentuk.

            3. Kinerja dan Beban Mesin Rendah

    Terakhir adalah mesin sering bekerja dengan kekuatan yang rendah atau low. Maksudnya adalah dari segi kecepatan hingga beban, semua rendah. Kondisi ini jelas tak baik untuk mesin.

    Mengapa? Karena ketika mesin bekerja dengan kemampuan rendah, maka suhu mesin pun di bawah optimal. Sehingga menyebabkan adanya kegagalan proses pembakaran. Inilah yang kemudian semakin mendingin dan menumpuk.

    Cara Membersihkan Kerak Mesin

    Apabila mesin sudah terlanjur ditumpuk kerak karbon, maka Anda bisa membersihkan sendiri dengan menggunakan carbon cleaner. Ini berupa cairan yang bisa disemprotkan.

    Namun langkah ini dilakukan apabila penumpukan karbon masih sedikit. Jika sudah banyak, maka mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel untuk dilakukan pembongkaran.

    Cara Menghindari Kerak Mesin