Berita

    Featured Image

    Hal-Hal yang Bisa Membuat As Roda Rusak bahkan Patah

    As roda adalah komponen penting pada kendaraan yang menjadi penghubung antara bagian suspensi dengan roda kendaraan. Sayangnya, bagian ini bisa saja rusak atau patah. Ada berbagai penyebab as roda patah yang sebaiknya Anda ketahui dan hindari.

    Artikel ini akan membahas hal tersebut secara lebih lengkap, jadi jangan lupa baca hingga tuntas dan lindungi komponen as roda di kendaraan Anda!

    Penyebab As Roda Patah

    Komponen as roda mempunyai bentuk silinder, lalu ada bagian menonjol di ujungnya yang menjadi penghubung antara roda dan sistem pengereman kendaraan.

    Umumnya terbuat dari logam, sehingga bisa dibilang cukup kuat. Namun, bukan berarti komponen ini tidak bisa rusak atau patah. Berikut adalah berbagai hal yang dapat menjadi penyebab rusaknya komponen penting yang satu ini.

    • Membawa Beban Berlebihan

    Penyebab as roda patah yang pertama yakni karena kendaraan diberi muatan yang melebihi batasnya. Setiap jenis kendaraan, termasuk setiap tipe mobil, memiliki batas muatannya masing-masing.

    Membawa Beban BerlebihanFreepik.com

    Hal ini penting untuk dipahami para pemilik dan pengguna kendaraan, supaya tidak melebihi batas tersebut ketika berkendara.

    Jika kendaraan dipaksa membawa beban secara berlebihan, maka akan ada banyak komponen yang mungkin tidak kuat menahannya. Salah satu komponen yang sangat mungkin terdampak yakni bagian as roda.

    Selain penting untuk memperhatikan batas muatan, perhatikan juga penempatan muatan tersebut. Beban muatan yang kurang seimbang juga dapat membuat berbagai komponen mengalami kerusakan, termasuk as roda.

    • Medan Jalan yang Buruk

    As roda dapat rusak atau bahkan patah jika kendaraan terlalu sering melintasi jalanan yang tidak mulus.

    Sebenarnya, medan jalan yang buruk memang tidak baik untuk kendaraan, terlebih jika kendaraan tersebut memang tidak dirancang untuk melintasinya.

    Roda dan berbagai komponen pendukungnya, termasuk as roda, dapat sangat merasakan dampaknya. Jika Anda terlalu sering melintasi jalanan rusak, maka mungkin saja dapat merusak berbagai komponen.

    • Ada Kesalahan ketika Mengganti Komponen

    Kerusakan pada as roda dapat disebabkan karena adanya kesalahan ketika sedang mengganti komponen.

    Pemasangan yang tidak tepat memang dapat berpengaruh terhadap kondisi komponen tersebut. Fungsinya dapat berjalan dengan tidak optimal, atau bahkan bisa menjadi rawan rusak.

    Jadi, pastikan bahwa Anda datang ke bengkel resmi untuk melakukan pemasangan atau penggantian berbagai komponen kendaraan, terlebih jika tidak bisa memasangnya sendiri secara profesional.

    Teknisi ahli di bengkel resmi dapat membantu Anda untuk meminimalisir berbagai risiko kerusakan komponen.

    • Kurangnya Perawatan

    Perawatan merupakan aspek penting ketika ingin menjaga kondisi kendaraan. Jadi, pastikan bahwa Anda benar-benar memperhatikan perawatan kendaraan.

    Jika kendaraan Anda mulai kotor, jangan malas untuk mencucinya. Adanya tumpukan debu dan kotoran, dapat membuat berbagai komponen lebih rawan mengalami kerusakan, termasuk bagian as roda.

    • Faktor Cuaca

    Faktor cuaca juga dapat menjadi penyebab as roda patah. Misalnya, ketika cuaca di sekitar kendaraan terlalu panas atau terlalu sering hujan.

    Hal tersebut dapat meningkatkan risiko komponen as mobil mengalami oksidasi dan berkarat. Selanjutnya, komponen tersebut dapat menjadi aus dan rusak.

    • Faktor Usia Pakai

    Terakhir, as roda bisa rusak atau bahkan patah disebabkan oleh faktor usia pakai. Jika sudah terlalu lama dipakai, maka komponen ini dapat rusak secara alami.

    Selain itu, usia pakai ini juga dipengaruhi oleh kualitas bahan yang dipakai untuk pembuatan komponen. Jadi, pastikan Anda memilih suku cadang yang memang original, karena kualitasnya terjamin.

    Demikian berbagai hal yang bisa menjadi penyebab as roda menjadi rusak, atau bahkan bisa sampai patah. Jika sudah mengetahui penyebabnya, maka mulai dari sekarang Anda perlu mengantisipasi permasalahan yang satu ini.