Berita

    Ini Dia Tips Memilih Oli Mesin Mobil Sesuai Dengan Kebutuhan

    Bagi mobil, oli merupakan sebuah kebutuhan. Dikatakan sebagai sebuah kebutuhan karena oli memiliki fungsi penting yang mana ketika Anda salah memilih oli mesin mobil dapat berdampak pada performa mesin dan mobil itu sendiri.

    Membahas tentang fungsi, oli mesin memiliki fungsi untuk melumasi mesin selama mobil digunakan. Selain itu, oli juga berguna untuk melindungi mesin dari gesekan yang tercipta oleh komponen-komponen saat sistem pembakaran berlangsung. 

    Dari fungsi dan peranan penting oli mesin tersebut, membuat Anda perlu untuk selalu memeriksa kondisi oli secara berkala. Seringlah mengganti oli dengan yang baru ketika yang lama sudah mulai kotor dan berganti warna. Sangat penting juga untuk selalu menggunakan oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan mobil.

    Tips Memilih Oli Mesin Mobil Terbaik 

    Penggunaan oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan tentunya akan berpengaruh pada mesin mobil itu sendiri. Apabila Anda menggunakan oli yang memenuhi kebutuhan, maka Anda berkontribusi pada usia mesin mobil yang bisa bertahan lebih lama.

    Pada poin-poin berikut akan dibahas terkait beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika hendak memilih oli mesin untuk mobil kesayangan Anda.

    • Memilih Oli Sesuai Rekomendasi Dari Pabrik

    Cara paling aman agar bisa menentukan oli mana yang terbaik untuk mobil Anda yaitu dengan cara mengikuti apa yang direkomendasikan oleh pabrik. Rekomendasi pabrik dapat Anda ketahui dengan cara melihatnya di buku panduan mobil Anda tersebut.

    Dengan oli yang direkomendasikan dari pabrik, sudah pasti oli tersebut sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mobil. Jadi apabila Anda menginginkan mobil Anda mendapatkan yang terbaik, Anda bisa memilih produk oli yang telah direkomendasikan oleh pabrik sebagai oli mobil Anda.

    • Memilih Oli yang Memiliki Sertifikasi

    Supaya nantinya oli yang akan digunakan oleh mobil Anda tidak aba-abal, maka sebelum memutuskan, sangat penting untuk mengetahui apakah oli tersebut memiliki sertifikasi. Dengan kepemilikan sertifikasi maka oli tersebut lebih memiliki jaminan yang tinggi terkait kualitas yang ditawarkannya. 

    Terdapat beberapa lembaga yang memberikan sertifikasi untuk oli kendaraan. Apa saja? Lembaga sertifikasi oli yang saat ini berkembang yaitu API, SCEA, SAE, JASO, dam ILSAC. 

    • Memilih Oli sesuai dengan Spesifikasi Mobil