Berita

    Ini Fungsi Stabilizer Bar dan Cara Kerjanya pada Mobil Anda

    Saat mengemudi mobil, biasanya ada guncangan atau tekanan. Guncangan tersebut ditahan melalui sistem suspensi agar tetap stabil, sehingga pengendara merasa lebih nyaman.  Sensasi aman dan stabil itu adalah dampak dari adanya stabilizer bar yang dipasang pada suspensi.

    Komponen yang juga dikenal sebagai sway bar atau anti-roll bar ini adalah komponen yang dirancang untuk mengurangi kemiringan (roll) saat mobil berbelok atau bermanuver. 

    Ini merupakan bagian dari sistem suspensi mobil yang berperan dalam meningkatkan stabilitas dan mengurangi kecenderungan body roll, yaitu pergerakan miring kendaraan pada saat berbelok.

    Fungsi Stabilizer Bar

    Komponen yang terbuat dari logam ini biasa kamu temui di belakang atau di kedua sisi kendaraan. Bentuknya yang panjang membantu mentransfer gaya antara satu roda ke roda lain, sehingga ia berjalan dengan seimbang dan mobil tidak akan goyang.

    Meskipun komponen ini dipasangkan pada suspensi, tapi sebetulnya ia bukan bagian dari komponen tersebut. Fungsinya memang sama-sama menyokong beban kendaraan.

    Hanya saja ia bekerja secara spesifik untuk mengontrol gerakan miring agar roda tetap seimbang saat berbelok. Berikut ini beberapa fungsi lengkapnya!

    • Meningkatkan Daya Cengkeram Roda

    Komponen ini berperan dalam meningkatkan traksi roda mobil saat menghadapi berbagai kondisi jalan, seperti saat mobil melalui tikungan, sehingga roda bisa mencengkram permukaan dengan kuat.

    Dengan traksi yang optimal, kendaraan dapat tetap berjalan dengan nyaman dan aman kenyamanan dan keamanan selama melintasi permukaan jalan yang tidak terduga.

    • Kinerja pada Suspensi Independen

    Kehadiran komponen logam berbentuk panjang ini menyempurnakan karakteristik suspensi agar ia mencapai handling yang lebih baik. Ia beroperasi secara efektif dalam sistem suspensi independen pada roda depan atau belakang.

    • Mengurangi Kemiringan

    Kemiringan atau body roll kendaraan dihasilkan oleh gaya sentrifugal saat melewati tikungan. Dengan adanya stabilizer bar, mobil dapat bermanuver di belokan dengan stabil dan tidak mengalami terpental yang berlebihan.

    Sensasi ini dapat dirasakan oleh pengemudi saat mengemudikan mobil, di mana body roll yang signifikan dapat membuat kendali menjadi sulit.

     

    kemiringinan pada stabilizer bar

    Pexels.com

    Komponen ini juga melibatkan upaya untuk menjaga distribusi beban yang seimbang antara roda-roda yang berlawanan. Ini membantu menjaga keseimbangan mobil, mencegah overloading pada satu sisi saat mobil berbelok.

    • Perlindungan terhadap Sway

    Komponen pada suspensi ini menjaga mobil agar tetap dalam jalurnya dan mencegah pergerakan berlebihan (sway) saat terjadi perubahan arah atau perubahan kecepatan tiba-tiba.