Berita

    Jaga Kabin Mobil agar Tetap Fresh dengan Tips Ini

    Sering menggunakan mobil untuk pulang pergi kerja atau perjalanan luar kota, memiliki anak serta hewan peliharaan bisa menyebabkan kondisi kabin mobil sudah tidak karuan. Tidak lagi wangi, ada sampah yang tertinggal, atau bau-bau lain tidak sedap yang mengendap di dalamnya. 

    Nah, agar kondisi di dalam kabin kendaraan Anda tetap wangi dan kembali berkilau, ikuti tips membersihkan kabin mobil ini, ya.

    1. Selalu Bersihkan Sampah

    Sebelum Anda mengeluarkan penyedot debu dan perlengkapan pembersih, bersihkan semua sampah yang terlihat. 

    Periksa di mana-mana dengan seksama. Kemungkinan akan ada sampah di lantai, di bawah jok, dan di celah-celah jok. Buang semua pembungkus, botol, mainan, dan benda lain yang tidak dapat ditangani oleh penyedot debu. 

            2. Lepaskan dan Bersihkan Keset Lantai

    Tarik keset lantai dari kendaraan dan goyangkan sebanyak mungkin. Ini akan membuat penyedotan debu lebih mudah. Gosok dengan sabun dan air panas atau pembersih karpet berbusa dan biarkan mengering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali. 

    Anda juga perlu mempelajari cara mengganti karpet mobil yang rusak agar kondisi karpet mobil tetap dalam keadaan seperti baru dan enak dipandang. 

            3. Vakum Bagian Kursi dan Lantai Mobil 

    Vakum kursi depan dan belakang, lantai dan bagian bagasi jika diperlukan. Vakum setiap area kendaraan di mana Anda bisa mendapatkan nozzle, termasuk di bawah pedal dan di sepanjang panel pintu samping.

            4. Bersihkan Kotoran dan Debu

    Sekarang setelah mobil disedot, ambil kain lembut atau tisu pembersih untuk menyeka semua kotoran, benda lengket, dan debu. 

    Anda juga dapat menyemprotkan sedikit pembersih khusus mobil ke konsol, roda kemudi, dan area di antara jok untuk mengembalikan tampilan mobil baru.

            5. Bersihkan Cup Holders

    Bagian cup holders dapat menampung kotoran, sisa-sisa dari minuman yang tumpah, dan sel-sel rambut atau kulit mati. 

    Coba gunakan kapas yang dicelupkan ke dalam sedikit larutan pembersih untuk menjangkau area yang sulit tersebut. Di beberapa kendaraan, seluruh tempat cup holders dapat dilepas untuk memudahkan pembersihan.

            6. Bersihkan Area Jendela 

    Semprotkan larutan pembersih khusus jendela pada semua jendela mobil. Bersihkan dengan handuk kertas atau kain microfiber.