Berita

    Jangan Sampai Telat! Ini Tanda-tanda Mobil Anda Harus Diservis

    Sudahkah Anda rutin melakukan service pada mobil? Jika tidak, maka Anda harus waspadai tanda mobil harus diservice. Jika sudah mendapatkan tanda ini, sebaiknya segera datang ke bengkel terdekat untuk melakukan service rutin.

    Sebab, mengabaikan tanda-tanda ini dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut dan bahkan membahayakan keselamatan Anda. Dalam artikel ini, akan dibahas beberapa gejala umum yang menunjukkan bahwa mobil Anda harus segera diservis.

    8 Tanda Mobil Harus Diservice

    Sedikitnya ada 8 Tanda Anda harus segera melakukan service pada mobil. Tanda ini akan muncul jika Anda tidak rutin melakukan perawatan pada mobil. Padahal penting untuk menjamin keselamatan Anda saat berkendara.

    Berikut ini tanda-tandanya:

    1. Lampu Indikator Mesin Menyala

    Salah satu tanda paling jelas bahwa mobil Anda memerlukan perhatian segera adalah ketika lampu indikator mesin di dashboard menyala. Lampu ini menunjukkan adanya masalah dalam sistem mesin atau emisi. 

    Meskipun beberapa lampu indikator mungkin hanya menandakan masalah minor, ada juga yang bisa menunjukkan kerusakan serius. Maka dari itu, apabila indikator lampu tersebut menyala, segera bawa mobil Anda ke bengkel.

    2. Mesin Mengeluarkan Suara Bising

    Jika Anda mendengar suara aneh seperti ketukan, gemuruh, atau suara peluit dari mesin mobil, ini bisa menjadi tanda bahwa ada masalah yang perlu diperbaiki. Suara mesin yang tidak biasa mungkin menunjukkan kerusakan pada komponen internal, seperti piston atau bearing.

    mesin mengeluarkan suara bisingPexels.com

    3. Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

    Masalah berikutnya yang sering jadi tanda adalah mesin mobil yang sangat susah dihidupkan. Bisa saja karena ada masalah pada pembakaran, baterai atau komponen lainnya.

    Selain itu, mesin juga kerap kali mengalami mati sendiri atau mogok tanpa alasan yang jelas. Biasa saat Anda berada di perjalanan, atau saat akan digunakan.

    4. Kendaraan Mengalami Getaran yang Tidak Biasa

    Getaran yang tidak biasa saat berkendara dapat menunjukkan masalah pada sistem kaki-kaki atau ban. Ban yang aus atau tidak seimbang dapat menyebabkan getaran yang dapat memengaruhi kenyamanan berkendara dan merusak komponen lainnya. 

    5. Muncul Bau yang Tidak Biasa

    Bau aneh dari bawah kap mesin, terutama bau bakar yang terlalu kuat atau bau yang terbakar, bisa menjadi tanda masalah serius. Bau ini mungkin menunjukkan kebocoran, masalah pendinginan, atau bahkan risiko kebakaran. Segera bawa ke bengkel jika bau ini muncul!

    6. Transmisi Bermasalah

    Idealnya, proses penggantian gigi pada mobil akan berjalan mulus. Namun jika Anda mengalami kesulitan saat mengganti gigi, misalnya terjadi gesekan yang tidak biasa, maka bisa jadi muncul tanda masalah pada sistem transmisi. Kemunculan ini jadi salah satu tanda mobil harus diservice.

    7. Bahan Bakar Lebih Boros

    Jika mobil Anda tiba-tiba lebih boros bahan bakarnya, bisa jadi ada masalah pada sistem pembakarannya. Misalnya saja sensor yang tidak berfungsi, injektor tersumbat dengan kotoran atau bahkan tekanan bahan bakar rendah. 

    8. Oli Merembes Keluar

    Terakhir bisa ditandai dengan adanya rembesan cairan seperti oli atau bahkan bahan bakar di bawa mobil Anda. Jika ini terjadi, kemungkinan mobil Anda mengalami kebocoran pada sistem pelumasan. 

    Jika muncul delapan gejala ini, jangan ragu untuk langsung membawa ke bengkel kesayangan Anda. Mengabaikan tanda-tanda bahwa mobil Anda memerlukan servis dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih serius dan memerlukan biaya perbaikan yang lebih besar.