Berita

    Kebiasaan yang Bikin Jok Mobil Rusak

    Komponen pada mobil perlu dirawat dengan baik untuk menghindari terjadinya kerusakan. Sebagai contoh pada komponen jok, Anda perlu memperhatikan keterawatannya agar insiden jok mobil rusak tidak terjadi pada kendaraan kesayangan Anda.

    Menyinggung soal komponen mobil yang rusak, dalam kasus ini pada bagian jok, tentu ada hal-hal yang menyebabkan komponen tersebut bisa rusak.

    Agar bisa dihindari oleh Anda, artikel ini akan mencoba membahas tentang kebiasaan-kebiasaan apa saja yang sekiranya bisa memicu kerusakan pada komponen jok mobil. Ikuti informasi selengkapnya dalam pembahasan berikut!

    4 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Jok Mobil Rusak

    Dengan fungsinya yang sangat penting, tentunya jok mobil harus dirawat dengan hati-hati. Kemudian apabila terjadi kerusakan pada komponen tersebut, Anda perlu segera memperbaikinya sebelum kerusakan berubah menjadi parah.

    Tidak hanya itu saja, kerusakan pada jok mobil yang tidak kunjung diperbaiki tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan.

    Oleh karena itu agar bisa menghindari kerusakan pada jok mobil, berikut ini akan dibahas tentang kebiasaan-kebiasaan buruk yang perlu dihindari:

    • Kebiasaan Parkir di Luar Ruangan yang Panas

    Salah satu kebiasaan yang kerap kali menjadi penyebab jok mobil mengalami kerusakan, ialah mobil yang diparkir di luar ruangan dengan cuaca panas.

    Pasalnya dengan memarkir mobil di lokasi yang panas, permukaan jok mobil bisa menjadi terkelupas. Tentunya apabila kebiasaan ini dilakukan dengan sering, tampilan jok menjadi tidak lagi menarik dan bisa membuat jok menjadi tidak nyaman untuk diduduki.

    • Kebiasaan Tidak Menyimpan Benda Tajam dengan Baik

    Kerusakan pada jok mobil juga bisa disebabkan karena kebiasaan menaruh barang secara sembarangan, terlebih benda-benda tajam.

    Dengan Anda meletakkan benda tajam sembarangan di jok mobil, hal ini bisa menyebabkan permukaan bahan jok menjadi tergores.

    Untuk menghindari kejadian seperti ini, Anda bisa menyediakan kotak penyimpanan di mobil untuk menyimpan benda-benda yang sekiranya bisa merusak permukaan jok.

    Selain itu, lebih baik lagi bagi Anda agar tidak membawa benda-benda tajam yang memang tidak dibutuhkan  sama sekali.

    • Kebiasaan Tidak Membersihkan Jok dari Kotoran Makanan

    Bagi sebagian orang, mobil dapat dikatakan sebagai rumah kedua. Tidak jarang orang melakukan aktivitas penting layaknya makan dan minum di dalam mobil.

    Aktivitas tersebut boleh-boleh saja dilakukan selama Anda selalu menjaga kebersihan mobil.

    Namun bagi orang yang jarang membersihkan mobil, kotoran termasuk bekas dari makanan dan minuman ini bisa menyebabkan tampilan jok mobil menjadi rusak. Tentunya hal ini bukan sesuatu yang Anda inginkan bukan? 

    tumpahan minuman di jok mobil

    Oleh karena itu, poin ini sekaligus menjadi pengingat untuk selalu menjaga kondisi mobil agar tetap bersih demi mendukung kenyamanan berkendara.

    • Kebiasaan Menggunakannya dengan Kasar

    Selanjutnya yang juga bisa menyebabkan jok mobil rusak, ialah kebiasan menggunakan jok dengan kasar. Hal ini berhubungan dengan sistem atau mekanisme jok mobil.

    Contoh kasusnya, yaitu ketika Anda terlalu kasar saat sedang mengatur posisi jok entah itu yang menggunakan sistem reclining maupun sliding. Dengan terlalu sering mengatur secara kasar, maka otomatis sistem jok tersebut bisa rusak. 

    Mulai dari sekarang, gunakan sistem jok maupun komponen-komponen mobil lainnya dengan hati-hati, ya!

     

    Nah itulah beberapa kebiasaan buruk yang umumnya sering dilakukan oleh para pengguna mobil dan menyebabkan komponen jok mobil menjadi rusak. Apabila Anda sedang mengalami permasalahan satu ini, maka untuk selalu mendukung kenyamanan selama berkendara, Anda perlu segera memperbaikinya.