Berita

    Kenali Bahaya Highway Hypnosis

    Bahaya highway hypnosis tidak bisa dianggap sepele. Highway hypnosis atau biasa disebut dengan white line fever seringkali dialami saat mengemudi jarak jauh. Keadaan ini sangat membahayakan, karena bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

    White line fever merupakan kondisi dimana pengemudi hilang kesadaran. Sehingga bisa membuat pengemudi kehilangan kendali. 

    Penyebab Highway Hypnosis dan Tips Menghindarinya

    Ada beberapa penyebab seseorang mengalami white line fever ini. Di antaranya:

            1. Bosan di Jalan

    Biasanya orang yang mengalami kondisi ini sedang mengemudi di jalan tol. Seperti namanya, jalan ini bebas hambatan. Sehingga cenderung lempeng atau lurus. 

    Bahayanya jika terlalu lama mengemudi di tol, Anda bisa saja terlena dan hilang fokus. Sebab suasananya monoton dan cenderung tak membutuhkan fokus berlebih.

            2. Kelelahan

    Faktor lelah juga bisa menyebabkan seseorang mengalami kehilangan kesadaran saat mengemudi. Apalagi jika Anda beraktivitas berat sebelumnya dan belum sempat beristirahat. Maka peluang mengalami keadaan ini bisa cukup tinggi.

            3. Stress

    Terlalu banyak pikiran bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Selain itu Anda jadi tidak fokus untuk melakukan aktivitas seperti mengemudi. Makanya jika Anda sedang banyak tekanan, sebaiknya hindari mengemudi mobil.

    Bahaya Highway Hypnosis

    Pengemudi yang kehilangan kesadaran saat sedang menyetir bisa berakibat fatal. Baik untuk dirinya sendiri, atau pengguna jalan lain. 

    Jika kondisi sedang sepi dan Anda mengalami white line fever, maka bisa jadi tabrakan dengan pembatas jalan atau kecelakaan tunggal. Namun jika dalam kondisi ramai lalu lalang kendaraan, tabrakan bisa terjadi antara 2 kendaraan atau lebih.

    Tentu Anda tidak ingin bukan mengalaminya?

    Tips Aman Berkendara

    Ada tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari bahaya highway hypnosis. Seperti:

            1. Dengarkan Musik 

    Apabila Anda mengemudi sendirian atau mobil dalam keadaan senyap, maka nyalakan saja pemutar musik. Bernyanyi-nyanyi kecil bisa dilakukan untuk merefreshkan pikiran. Tak hanya itu, ini juga bisa membuat Anda tetap fokus dan tidak bosan saat berkendara.

            2. Ajak Ngobrol Teman