Berita

    Ketahui 3 Fungsi Parking Brake Lever dan Komponennya

    Parking brake lever adalah salah satu komponen dari sistem rem tromol yang berfungsi menjaga posisi mobil saat dalam posisi berhenti. Sesuai namanya, komponen ini berperan penting untuk membantu proses parkir, sehingga biasa juga disebut sebagai rem parkir.

    Dengan menggunakan rem parkir, mobil Anda tidak akan mudah tergelincir sebab rodanya akan terkunci ketika parkir. Sebaiknya, kenali apa saja fungsi serta komponen-komponen di dalamnya sebagai panduan untuk menjaga kerusakan pada sistem rem parkir.

    Fungsi Utama Parking Brake Lever

    Rem tromol adalah sistem pengereman yang bekerja menggunakan sistem hidrolik dengan memanfaatkan tekanan untuk membantu penekanan kampas, dan biasa digunakan sebagai rem parkir.

    Cara menggunakannya mudah, cukup dengan menarik tuas yang terletak di samping jok pengemudi ke arah depan atau ke atas. Untuk menonaktifkannya, Anda cukup menekan tombol serta mendorong tuasnya. Adapun beberapa fungsi utamanya adalah sebagai berikut:

    • Menjaga Posisi Kendaraan

    Jika rem biasa digunakan untuk menurunkan atau menghentikan laju kendaraan, maka rem parkir berfungsi untuk menjaga posisi mobil agar tetap diam selama diparkir. Itu sebabnya, komponen ini biasa disebut sebagai rem tangan atau rem parkir.

    • Membantu Pengontrolan Mobil

    Dengan menggunakan rem parkir, mobil menjadi lebih mudah untuk dikendalikan, termasuk saat melalui jalan atau medan yang kondisinya tidak rata seperti di tanjakan atau penurunan.

    • Sebagai Rem Darurat

    Terakhir, Anda juga bisa memanfaatkan rem parkir sebagai rem darurat ketika melalui jalan yang macet, atau saat rem mobil Anda sedang blong. Namun, pastikan untuk hanya menggunakannya saat kondisi darurat saja agar kondisinya tidak cepat rusak.

    Komponen-komponen Rem Parkir

    Sebagai rem yang bekerja menggunakan sistem hidrolik, parking brake lever didukung oleh komponen-komponen lain yang memiliki fungsi khusus masing-masing. Berikut ini beberapa komponen utama yang mendukung kinerjanya:

    • Backing Plate

    Ini adalah komponen yang berfungsi sebagai rangka dan pelindung. Dengan bentuk yang besar dan tidak terlalu berat, di dalamnya terdapat beragam lubang dan lekukan yang berfungsi mendukung kinerja sistem pengereman.

    • Kampas Rem

    Komponen ini terletak di bagian sepatu rem yang umumnya berbentuk seperti lingkaran. Seperti kampas rem biasa, fungsi komponen ini adalah sebagai bagian dari sistem hidrolik yang berfungsi memperlambat atau menghentikan putaran roda. 

    • Silinder Roda