Berita

    Ketahui Fungsi Busi Mobil

    Fungsi busi mobil menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda ketahui. Salah satu fungsinya adalah sebagai pemantik bunga api. Hal ini bisa disesuaikan dengan mesin mobil yang ada di dalam kendaraan. 

    Jadi, sebelum menggunakan kendaraan tentu harus memperhatikan bagaimana keadaan busi yang ada di mobil. Untuk memahami lebih dalam mengenai busi, Anda bisa melihat beragam fungsinya di bawah ini. 

    Apa Fungsi dari Busi Mobil?

    Busi menjadi salah satu komponen utama yang ada di dalam kendaraan. Fungsi dari busi kendaraan mobil pun beragam, bukan hanya sebagai cadangan aki saja. Berikut ini informasi lengkap mengenai fungsinya di artikel ini. 

    • Sebagai Pemantik Bahan Bakar Kendaraan

    Kegunaan utama dari busi ini adalah sebagai pemantik bahan bakar kendaraan atau bensin. Hal ini menyebabkan pembakaran bisa membuat tenaga mampu mengakibatkan mesin mobil menjadi hidup. 

    Dibalik permasalahan yang terjadi, busi disebabkan oleh pembakaran yang terganggu. Hal ini juga membuat mobil berjalan secara terhambat. 

    • Dijadikan Cadangan Karburator

    Setiap kendaraan beroda empat biasanya memiliki aki dalam jumlah banyak dan lebih dari satu. Aki utama yang akan dipakai, dan aki lain yang akan dijadikan sebagai cadangan. Kalau sudah menggunakan kedua aki tetapi tetap memiliki masalah. 

    Salah satu solusinya adalah menggunakan busi yang ada di dalam kendaraan. Hal ini dikarenakan bagian tengah busi bisa dihubungkan dengan kabel ke pengapian. Sehingga listrik pun bisa tercipta dengan mudah. 

    Tetapi jangan selalu mengandalkan busi, karena energi yang dihasilkan oleh busi tidak bisa digunakan setiap waktu. Semakin banyak dipakai, maka umur busi pun akan semakin singkat saja. 

    • Mampu Mengalirkan Listrik 

    Tak hanya menjadi cadangan, busi dipercaya bisa mengalirkan listrik. Jika busi yang memiliki kualitas bagus mampu membuat percikan saat didekatkan dengan logam. Pastikan busi harus dalam keadaan menyala agar Anda bisa melihat hasilnya. 

    Kehadiran percikan itu dikarenakan adanya temperatur yang muncul pada saat pembentukan listrik. Sehingga kondisi busi yang bagus bisa menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan saat mengendarakan mobil. 

    Bahkan tenaga dari busi mobil ini bisa digunakan sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan di dalam kendaraan. Tanpa busi, mesin mobil pun tidak akan bisa dijalankan sampai kapanpun. 

    • Menyalakan Mesin Mobil