Berita

    Ketahui Fungsi Magnet Clutch AC Mobil dan Ciri-Ciri Kerusakannya

    Magnet Clutch AC mobil adalah sistem pendingin udara pada kabin mobil. Komponen inilah yang memberikan efek dingin pada mobil ketika AC dinyalakan. Magnet clutch terdiri dari beberapa komponen seperti pulley, clutch, dan spul magnet. Apabila komponen ini mengalami kerusakan maka Ac mobil Anda tak akan berfungsi semestinya. Ketahui fungsi magnet clutch pada AC mobil dan bagaimana jika terjadi kerusakan pada sistem tersebut di mobil Anda. 

    Apa Fungsi Magnet Clutch AC Mobil?

    Alat ini bekerja sebagai perantara yang menghubung dan memutuskan hubungan antara kompresor dengan putaran pada mesin mobil. Magnet clutch lah pengatur kinerja kompresor. Alat ini akan mengatur sedemikian rupa kapankah waktu yang pas agar kompresor bekerja saat pulley memutari pada mesin. Pulley yang bekerja akan meningkatkan tekanan pada Freon. Apabila tekanan yang terjadi terlalu tinggi maka magnet clutch menghentikannya. 

    Pulley prinsip kerjanya mengikuti rotasi mesin yang kemudian menghasilkan daya arus listrik untuk spull magnet. Freon pun akhirnya dapat ditransfer ke AC. Maka dari itu jika mesin mobil mati maka pulley pun terhenti dari kinerjanya, dan Freon tidak dapat berpindah tempat sehingga AC mobil juga tak akan menyala. Kuncinya ada pada spull magnet yang menyalurkan arus listrik. 

    Mengetahui Ciri Kerusakan Magnetic Clutch AC Mobil 

    • Kabin Mobil Terasa Panas

    Meski AC telah dinyalakan, udara dalam kabin mobil terasa panas. Ini menandai ada yang bermasalah pada magnet clutch mobil Anda. Freon tidak tertransfer dengan baik. Sehingga membuat hembusan angin yang dihasilkan AC justru tidak segar dan malah panas. 

    • Magnetic Clutch Menimbulkan Bunyi

    Meski posisi Ac sudah dimatikan, tetap akan timbul bunyi dari bagian magnet clutch. Hal ini disebabkan oleh rotasi pulley yang bergesekan secara terus menerus.

    • Perubahan Warna pada Pulley

    Ciri kerusakan pada magnet clutch AC mobil adalah warna pulley yang mengalami perubahan. Warnanya akan menjadi merah atau gosong. Ini karena pulley jadi aus dan overheat. Bagaimana kah cara mengeceknya? Jika kopling magnet tak mampu beroperasi padahal ada daya pertanda harus dicek pulley dan magnet clutchnya. Bisa jadi terdapat permasalahan serius yang mengharuskan Anda mengganti komponen ini dengan yang baru.

    • Akibat Penggunaan yang Salah

    Anda seringkali berkendara dengan kecepatan sangat tinggi namun mengatur nyala AC mobil terlalu rendah. Tujuannya sih untuk menghemat bahan bakar. Namun ternyata hal itu dapat menimbulkan stabilitas kerja kopling magnet clutch terganggu. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada magnet clutch jika dilakukan berulang-ulang kali.

    • Komponen Mengalami Penurunan Daya