Berita

    Ketahui Fungsi Master Silinder dan Cara Kerjanya

    Bukan rahasia umum lagi bahwa sistem pengereman sangat penting demi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Dan salah satu komponen yang vital dalam sistem pengereman adalah master silinder atau biasa disebut brake master cylinder.

    Terutama untuk pengereman tipe cakram, tromol, dan hidrolik. 

    Saat pengendara menginjak pedal rem brake master cylinder inilah yang menekan naik. Selanjutnya tekanan tersebut diubah menjadi gaya hidrolik. Dengan gaya hidrolik piston ditarik ke silinder agar mobil berhenti.

    Apa Fungsi Master Silinder?

    Brake master cylinder sebagai komponen pertama yang menggerakkan sistem pengereman saat pedal rem mulai diinjak oleh pengendara. 

    Agar sistem pengereman dapat dikendalikan dengan baik, sebaiknya dilakukan perawatan secara rutin. Untuk menghindari hal-hal yang berbahaya seperti rem ngeblog, ngampas, dan lainnya.

    Jadi, fungsi master silinder dalam sistem pengereman  untuk merubah gaya mekanik ke gaya hidrolik. Dengan begitu peran komponen ini sangat penting agar mesin tetap berjalan saat pengereman.

    Jenis-Jenis Brake Master Cylinder

    Brake master cylinder ini dibagi menjadi dua macam yaitu ganda dan tunggal. 

    • Tipe Rem Tunggal

    Fungsi rem tunggal ini melayani kaliper pada tiap kendaraan. Sebab hanya memiliki sebuah piston dalam struktur konstruksi rem. Dan piston inilah yang menggerakkan rem ke bagian roda. 

    Meskipun dalam strukturnya hanya memiliki satu piston, tipe rem tunggal ini masih sangat layak digunakan.

    • Tipe Rem Ganda

    Berbeda dengan tipe tunggal, untuk tipe ganda mampu melayani dua kaliper sekaligus bagian depan dan belakang. Sebab, di dalam tipe rem ganda ini terdapat dua piston. 

    Kelebihan tipe rem ganda ini adalah jika ada satu bagian piston yang mati, sistem pengereman masih tetap berjalan. Selain itu, tipe ganda juga memiliki beberapa jenis seperti portless, plunger, dan konvensional.

    Elemen dalam Brake Master Cylinder

    Dalam sistem sistem pengereman komponen master silinder bekerja dengan dukungan beberapa elemen sebagai berikut:

    • Tutup Tangki

    White Cap atau yang sering disebut tutup tangki ini adalah sebagai wadah tempat rem.

    • Seal Karet

    Seal karet ini berperan sebagai pelindung master brake cylinder.

    • Tank Reservoir