Berita

    Ketahui Penyebab Ban Mobil Cepat Rusak

    Ban mobil adalah salah satu komponen yang wajib diperhatikan kondisinya. Pasalnya, komponen ini langsung berhubungan dengan aspal. Mengabaikan dan membiarkan kondisi ban mobil rusak bisa berakibat fatal.

    Ada berbagai penyebab yang harus diwaspadai agar ban mobil Anda tidak cepat rusak. Di sini kami akan coba jelaskan apa saja penyebabnya agar Anda bisa mewaspadainya sejak dini.

    Penyebab Ban Mobil Rusak

    Setidaknya ada 6 penyebab yang paling sering mengakibatkan ban mobil mudah rusak. Berikut sudah kami rangkum apa saja penyebab-penyebabnya tersebut.

    1.  Masalah Akibat Tekanan Angin

    Setiap pabrikan ban memiliki kemampuan menyangga beban kendaraan, khususnya mobil dengan jumlah tekanan angin tertentu. Artinya, tekanan angin yang ideal akan membuat mobil tersebut terasa nyaman saat digunakan dan ban mobil rusak tidak terjadi.

    Tekanan ban sejatinya tidak boleh terlalu kurang maupun tidak boleh terlalu berlebihan. Anda harus memberi tekanan yang pas dan ideal agar mobil nyaman saat dikendarai dan kondisi ban tetap aman.

    2.  Ketidakselarasan Gerakan Arah Gerak Ban

    Semakin sering mobil tersebut digunakan maka posisi roda pun berpotensi tidak selaras lagi. Terutama untuk mobil yang sering melibas jalanan yang tidak rata.

    Ketika terjadi ketidakselarasan pada poros ban, kemudian mobil dipaksa untuk berjalan, maka bisa menyebabkan ban tersebut cepat rusak. Untuk mengatasi penyebab ban mobil rusak akibat poros yang tidak selaras bisa dengan melakukan spooring dan balancing.

    3.  Beban Mobil yang Terlalu Berlebihan

    Kebiasaan mengangkut barang atau penumpang melebihi ambang batas yang ditentukan produsen mobil juga dapat berakibat fatal. Salah satu efek dari kebiasaan ini yaitu bisa membuat ban mobil cepat rusak.

    Tekanan yang berlebihan akibat beban yang melebihi standar merupakan alasan mengapa ban mobil rusak yang masih jarang diperhatikan.

    Untuk mengetahui batas maksimal beban yang bisa diangkut mobil, Anda bisa mengeceknya pada buku panduan.

    4.  Sistem Suspensi yang Bermasalah

    Permasalahan pada perangkat sistem suspensi juga bisa menyebabkan kerusakan pada ban mobil. Komponen suspensi yang bermasalah bisa mengakibatkan pengendalian mobil menjadi tidak stabil.

    Ketika mobil tidak stabil, maka ban pun akan melaju secara tidak stabil juga. Gerakan ban terkadang ke kanan atau ke kiri. Hal ini juga bisa mengakibatkan kualitas ban menjadi cepat menipis dan struktur ban yang terbuat dari benang dan kawat menjadi cepat aus.