Berita

    Featured Image

    Mengapa Perawatan Rutin Suspensi Mobil Penting untuk Keamanan?

    Merawat suspensi mobil secara rutin sangat penting bagi keamanan kendaraan. Pasalnya, performa, kenyamanan, hingga kestabilan mobil ditentukan dari kualitas suspensi pada mobil. Anda akan lebih nyaman mengemudikan mobil jika suspensinya optimal.

    Berbeda ceritanya bila suspensi tidak bekerja secara optimal. Mobil pun akan rentan mengalami guncangan dan lebih sulit untuk dikendalikan. Maka dari itu, ari pahami pentingnya perawatan suspensi pada mobil melalui informasi di bawah ini:

    Alasan Perawatan Rutin Suspensi Mobil Itu Penting 

    Suspensi pada mobil termasuk sistem krusial yang mendukung kenyamanan ketika mengemudikan mobil. Khususnya saat mobil melaju melewati permukaan jalan yang kurang mulus. 

    Komponen suspensi seperti shock absorber hingga stabilizer bekerja sama dalam menyerap guncangan dan memastikan roda tetap menapak pada jalan. Ini akan mengoptimalkan pengendalian serta traksi mobil ketika melaju. 

    Tidak hanya itu, suspensi turut memaksimalkan performa mobil ketika bermanuver, berbelok, atau pun melewati tikungan. Mobil akan lebih stabil sehingga tidak rentan tergelincir atau terguling. Keamanan mengemudi jadi semakin optimal dan Anda terlindung dari risiko kecelakaan. 

    Esensi suspensi tidak hanya berlaku bagi keamanan pengemudi dan penumpang mobil. Namun, juga pada komponen mobil yang sensitif dan berpotensi rusak apabila terlalu sering terguncang saat melewati jalan tidak mulus dan berlubang. Mulai dari komponen seperti ban, roda, hingga sistem knalpot mobil. 

    Contoh kerusakan pada ban adalah rentan bocor, robek, aus, hingga mengalami kerusakan pada velg. Sementara itu, roda mobil bisa tidak sejajar serta memicu kerusakan komponen roda seperti CV joint hingga bearing. Pipa knalpot pun rentan berlubang dan retak bila suspensi tidak terawat.

    Melihat berbagai fungsinya tersebut, Anda bisa menyimpulkan bahwa perawatan suspensi mobil secara rutin sangat penting demi mendukung performa dan kenyamanan mengemudi. Perawatan juga berperan sebagai pendeteksi dini jika terdapat kerusakan pada sistem suspensinya.

    4 Perawatan Suspensi yang Penting untuk Keamanan

    Untuk memastikan suspensi pada mobil Anda berumur panjang, maka sebaiknya lakukan berbagai bentuk perawatan berikut ini:

    • Mengganti Komponen Suspensi yang Aus

    Bentuk perawatan suspensi yang pertama adalah memantau kondisi komponen seperti per, shock absorber, ball joint, hingga tie road. Seiring penggunaannya, berbagai komponen tersebut akan aus. 

    Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa kondisinya secara rutin melalui perawatan berkala. Ini akan membantu memastikan sistem suspensi selalu prima dan tidak terdapat kerusakan serius. 

    Jika Anda menemukan komponen suspensi mengalami kerusakan atau keausan, sebaiknya segera ganti dengan komponen yang baru. 

    • Memilih Ukuran Ban Sesuai Standar

    Suspensi akan bekerja terlalu keras dalam menopang beban pada mobil apabila ukuran ban tidak sesuai standar. Maka dari itu, Anda sebaiknya memilih ukuran ban menurut standar dan spesifikasi dari produsen. Jadi, mengemudikan mobil pun lebih nyaman serta terhindar dari risiko kerusakan. 

    • Menjaga Beban agar Tidak Berlebihan 

    Tidak hanya ukuran ban tidak sesuai saja yang berisiko membuat kerja suspensi berlebihan. Mengangkut beban terlalu banyak pada mobil juga menyebabkan suspensi bekerja terlalu keras. 

    Itulah mengapa, Anda sebaiknya tidak mengangkut beban yang melebihi batas maksimum mobi. Pilih beban yang memang diperlukan saja agar kenyamanan mengemudi lebih terjaga. 

    • Memerhatikan Bunyi pada Bushing Stabilizer

    Bushing stabilizer menjadi komponen penanda kerusakan pada suspensi. Fungsi komponen ini sendiri adalah sebagai penyeimbang suspensi. Bila terdapat suara berdecit ketika Anda mengerem, maka artinya komponen bushing stabilizer rusak dan perlu diperbaiki.