Berita

    Mengatasi Masalah pada Sistem Alarm Mobil

    Alarm mobil bermasalah tidak boleh Anda sepelekan. Sebab, alarm merupakan komponen penting pada suatu mobil. Adanya kendala pada alarm dapat bermuara pada masalah yang lebih fatal, yaitu hilangnya mobil akibat pencurian.

    Jika Anda tidak menginginkan timbulnya masalah serius akibat alarm mobil yang terkendala, maka sebaiknya kenali apa saja penyebabnya dan cara untuk menanganinya. Sejalan dengan hal itu, artikel ini akan membahas kedua hal tersebut.

    Penyebab Alarm Mobil Bermasalah

    Ada beberapa faktor yang menyebabkan alarm mobil mengalami kendala. Berikut adalah daftar dan penjelasan ringkasnya:

    • Habisnya Baterai Central Lock

    Saat daya pada central lock sudah habis, maka hal ini bisa menyebabkan alarm mobil berbunyi terus-menerus. Ini mengharuskan pengguna membuka pintu mobil secara manual.

    • Aktifnya Mode Valet

    Apabila alarm tidak berbunyi ketika dikunci namun indikatornya menyala terus-menerus, bisa saja mode valet tengah aktif. Mode ini merupakan fitur yang berfungsi membuat alarm menjadi senyap.

    • Rusaknya Sensor Pintu

    Kerusakan yang terjadi pada bagian sensor pintu bisa meningkatkan sensitivitas mobil. Adanya kerusakan ini menyebabkan alarm menjadi bermasalah, khususnya yaitu menyala tanpa sebab. 

    • Soaknya Aki Mobil

    Aki soak dapat menyebabkan alarm mobil bermasalah. Biasanya, masalah pada alarm yang disebabkan oleh soaknya aki yakni melemahnya suara ketika dinyalakan.

    • Terputusnya Sambungan Kabel

    Masalah pada alarm mobil biasanya disebabkan oleh sambungan kabel yang terputus. Adapun akar masalah dari hal ini bisa saja disebabkan oleh kesalahan pemasangan, kekendoran kabel, atau ulah tikus.

    • Terganggunya Frekuensi

    Remote yang tersedia untuk alarm mobil bekerja menggunakan frekuensi. Jadi, jika terjadi gangguan pada frekuensi, bisa saja hal ini bermuara pada terkendalanya alarm mobil.

    • Rusaknya Modul Alarm

    Masalah pada alarm mobil bisa juga terjadi lantaran modul yang rusak. Apabila ini penyebabnya, maka arus tidak akan mengalir, sehingga kerja sirine tidak terkontrol dengan baik. Alhasil, alarm tidak berbunyi ketika mobil dikunci.

    • Rusaknya Sekring

    Masalah pada alarm mobil bisa terjadi karena sekring rusak. Adapun, letak sekring berada pada bagian bawah dasbor pengemudi.

    • Solusi Mengatasi Alarm Mobil Bermasalah