Berita

    Pentingnya Perawatan Knalpot Mobil: Tips Menjaga Kinerja Optimal

    Knalpot merupakan salah satu bagian mobil yang penting untuk diperhatikan. Apabila knalpot mobil Anda tidak dirawat dengan dengan baik, hanya akan membuat knalpot Anda sering bermasalah.

    Tak hanya itu saja, risiko lain yang dapat terjadi adalah warna knalpot akan menjadi lebih mudah kusam atau bahkan menimbulkan suara yang tidak enak didengar. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara merawat knalpot, baca artikel ini hingga selesai!

    7 Tips Merawat Knalpot Mobil 

    Agar knalpot tidak mudah mengalami kerusakan, berikut ini beberapa tips cara merawat knalpot dengan benar:

    • Melumasi Knalpot

    Tips pertama yang perlu Anda ingat adalah menggunakan oli sebagai pelumas di dalam lubang knalpot. Dengan menggunakan oli pada lubang knalpot, akan membuat kondisi silencer menjadi basah dan meminimalisir risiko munculnya karat.

    Bagaimana cara mengaplikasikannya? Sebaiknya Anda memberikan pelumas pada saat knalpot dalam kondisi panas. Setelah itu, Anda dapat dengan segera memasukkan oli ke dalam lubang knalpot. Anda dapat menggunakan sekitar 500 ml oli.  

    • Mengecek Drainase

    Anda juga perlu mengecek sistem drainase pada mobil Anda. Setiap mobil tentunya memiliki lubang drainase yang berfungsi untuk menampung air yang bisa masuk ke dalam silencer agar tidak tergenang.

     

    drainase knalpotPexels.com

    Letak drainase ini berada di ujung bawah silencer yang berdekatan dengan pipa leher knalpot mobil

    Untuk mengeceknya, Anda cukup menggunakan lidi yang dimasukkan ke dalam lubang, pastikan tidak ada yang menghambat, karena itu menjadi tanda tidak adanya kebuntuan!  

    • Selalu Panaskan Mobil

    Sekalipun mobil Anda jarang digunakan, jangan lupa untuk menyempatkan memanaskan mesin mobil. Tujuannya yaitu membuat mesin mobil Anda tetap dalam kondisi baik. 

    Cara memanaskan mobil seperti ini juga bertujuan untuk mencegah munculnya karat pada knalpot. 

    Caranya pun tidak sembarangan, pada saat hendak mematikan mesin mobil, Anda perlu injak pedal gas hingga mencapai rpm tertinggi. Cara seperti ini akan menghilangkan air yang tersisa di dalam knalpot. 

    • Mengamplas Knalpot

    Apabila kamu menemukan adanya karat pada knalpot, Anda dapat menghilangkannya dengan cara mengampelasnya. 

    Anda dapat menyemprotkan cairan penghilang karat terlebih dahulu kemudian gosoklah menggunakan ampelas. Namun perlu diingat jangan terlalu sering menggunakannya karena cairan ini bersifat korosif.  

    • Gunakan Pelapis 

    Untuk membuat knalpot terlihat semakin mengkilap, Anda dapat melapisinya menggunakan cairan pengkilap khusus. 

    Dengan menggunakan pelapis semacam ini tentu akan membuat knalpot terlihat seperti baru lagi, terutama jika warnanya sudah terlihat pudar dan kusam.

    • Keringkan Knalpot

    Apabila Anda mendapati knalpot dalam keadaan basah entah itu karena hujan atau setelah dicuci, pastikan Anda sesegera mungkin mengeringkan knalpot tersebut agar tidak menyebabkan munculnya karat. 

    Knalpot juga akan mudah keropos jika terkena air hujan secara terus-menerus tanpa dibersihkan. Keringkan pula bagian dalam knalpot dengan cara memanaskan mesin mobil Anda.

    • Gunakan Cairan Pembersih Kamar Mandi

    Apabila terdapat noda membandel pada knalpot, Anda dapat membersihkannya menggunakan cairan pembersih kamar mandi. Namun perlu diingat bahwa cairan ini bersifat keras sehingga perlu berhati-hati.

    • Gunakan BBM dan Minyak Tanah 

    Mungkin Anda seringkali mendapati knalpot terkena noda aspal. Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan BBM yang dicampur dengan minyak tanah, kemudian mengoleskannya pada bagian knalpot menggunakan sikat gigi halus.