Berita

    Ini Dia Penyebabnya Alarm Mobil Tidak Bunyi

    Masalah alarm mobil tidak bunyi harus segera diatasi. Hal ini karena alarm mobil merupakan salah satu aksesoris yang sangat penting untuk menjaga keamanan mobil.

    Biasanya, ketika Anda menekan tombol kunci, maka alarm akan otomatis mengunci mobil Anda. Ketika sudah dipastikan terkunci, maka Anda bisa meninggalkan mobil dengan tenang. Namun bagaimana jika alarm mobil tidak berbunyi saat dikunci?

    Hal ini tentu saja akan merepotkan, karena Anda harus memastikan ulang apakah mobil sudah benar-benar terkunci dengan benar. Ketika masalah ini sudah terjadi, maka sudah seharusnya Anda segera mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.

    Namun sebagai bentuk pencegahan agar tidak terjadi masalah serupa di kemudian hari, simak penyebab alarm mobil yang tidak berbunyi berikut ini.

    Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi

    Ada beberapa penyebab alarm mobil tidak bisa berbunyi, mulai dari masalah ringan, seperti baterai yang habis hingga penyebab lain yang serius. Namun sebenarnya, apa saja penyebab dari masalah ini?  Simak selengkapnya di bawah ini!

    • Daya Baterai Central Lock Akan Habis

    Ketika Anda menemukan alarm mobil yang tidak berbunyi, jangan langsung panik. Karena bisa jadi itu merupakan pertanda bahwa baterai pada central lock akan habis atau sudah benar-benar habis.

    Berkurangnya baterai dapat terjadi karena penggunaan remote alarm. Namun habisnya baterai bisa menjadi penyebab mengapa alarm mobil Anda tidak berbunyi ketika akan digunakan.

    • Alarm Mobil dalam Mode Valet

    Seperti yang kita tahu bahwa mobil bisa diatur dalam mode valet. Maksud mode valet adalah ketika alarm dalam mode senyap atau mode silent sehingga tidak dapat bersuara untuk sementara.

    Mode valet biasanya digunakan ketika seseorang menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya, layanan tersebut disediakan oleh mall, hotel, restoran, atau berbagai tempat umum lainnya.

    Dengan menggunakan layanan ini, Anda akan diberi nomor parkir oleh petugas khusus yang akan memarkirkan mobil Anda. 

    Hal ini berarti mobil Anda akan dimasuki oleh orang lain, sehingga untuk sementara sebaiknya Anda mematikan bunyi alarm dengan mengaktifkan mode valet.

    • Adanya Kerusakan pada Alarm Mobil

    Hal lain yang bisa menjadi penyebab alarm mobil tidak berbunyi adalah adanya kerusakan pada alarm mobil. Jika terjadi kerusakan pada module atau sirine, maka sudah pasti alarm tidak akan berbunyi.