Berita

    Risiko Jika Menggunakan Ukuran Roda yang Tidak Cocok

    Ingin mengganti roda kendaraan mobil Anda? Sebaiknya hati-hati dalam memilih ukuran roda yang tidak cocok! Mengapa demikian?

    Hal ini bisa menimbulkan masalah dan mengancam keselamatan Anda saat berkendara. Maka dari itu, penting untuk menggunakan ukuran roda yang sesuai dengan rekomendasi pabrik pada spesifikasi mobil Anda.

    Risiko Menggunakan Ukuran Roda yang Tidak Cocok

    Ukuran Roda yang Tidak Cocok

    Freepik.com

    Modifikasi memang menjadi satu hal yang tidak bisa terpisahkan dalam urusan transportasi. Namun, penting untuk diketahui apa saja dampak jika Anda menggunakan roda mobil yang tidak sesuai dengan ukurannya!

    • Suara Bising

    Komponen velg mobil biasanya memiliki ukuran dan desain yang mengikuti ban bawaan dari pabriknya. Sehingga, jika hendak mengganti ban Anda harus melakukan modifikasi secara menyeluruh sesuai dengan ukuran yang direkomendasinya.

    Jika Anda menggunakan roda yang tidak sesuai, ini beresiko ban akan menghasilkan suara bising ketika mobil dikemudikan. Tentunya suara bising ini akan mengganggu kenyamanan pengemudi di sekitar.

    • Jalan Tidak Stabil

    Ban adalah komponen yang sangat penting untuk kenyamanan lalu lintas sehingga harus benar-benar diperhatikan keamanannya. Jika Anda ingin mengganti ban, maka disarankan untuk tidak melebihi ukuran yang semestinya.

    Ukuran roda yang tidak cocok justru akan membuat mobil menjadi tidak seimbang dan berjalan tidak stabil. Ini juga dapat membuat Anda merasa terganggu saat mobil melintasi jalan raya yang padat lalu lintas.

    • Hambatan Berbanuver

    Tak bisa dipungkiri bahwa ukuran ban mobil sudah menjadi bawaan pabrik sesuai dengan kapasitas mobil tersebut. Kesesuaian ukuran ban dengan spesifikasi mobil akan memudahkan Anda untuk bergulir atau bermanuver.

    Sebaliknya, jika Anda menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai justru akan menghambat mobil sulita bergulir dan bermanuver secara lincah. Apabila terus dipaksakan, ini bisa menimbulkan masalah fatal terhadap keselamatan Anda saat berkendara.

    • Boros Biaya

    Mengganti roda mobil melebihi ukuran yang sebenarnya, tentu membuat Anda harus mengeluarkan biaya lebih besar. Sebab, penggantian ban mobil dengan ukuran yang berbeda pasti perlu menggunakan ukuran velg yang berbeda juga. 

    Belum lagi biaya tambahan seperti ban cadangan ataupun perbaikan ketika roda mobil bermasalah. Tentu menggunakan roda yang tidak sesuai spesifikasi mobil cenderung lebih boros daripada menggunakan ban dari pabrikan.

    • Boros Bahan Bakar

    Selain boros terhadap biaya spare part, penggunaan ukuran roda yang tidak sesuai juga akan membuat Anda mengeluarkan biaya bahan bakar lebih banyak. Sebab, penggunaan bahan bakar secara otomatis juga akan lebih besar.

    Hal ini dikarenakan, mesin mobil akan bekerja secara ekstra dan membuat konsumsi bahan bakar terus bertambah. Risiko ini tentu akan merugikan pemilik kendaraan karena perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk kebutuhan bahan bakar dan perawatan secara berkala.

    Nah, itu dia beberapa penjelasan terkait risiko yang timbul akibat menggunakan roda yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Jadi, sangat direkomendasikan untuk menggunakan ban mobil bawaan dari rekomendasi pabrik mobil Anda.

    Jika ingin modifikasi, penting untuk selalu memperhatikan spesifikasi roda yang tepat dengan jenis kendaraan. Disarankan untuk melakukan penggantian ban ke bengkel terpercaya agar bisa ditangani oleh tenaga profesional.