Berita

    Seputar Gardan Mobil yang Harus Diketahui

    Mobil memiliki berbagai macam komponen penting yang mendukung kinerjanya, salah satunya gardan mobil. Komponen ini bekerja sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang. Mari pelajari lebih jauh tentang komponen tersebut!

    Pengertian Gardan Mobil

    Sebuah mobil bisa bekerja dan berjalan sebagaimana mestinya karena ada berbagai jenis komponen yang mendukungnya. Salah satu komponen tersebut adalah gardan atau biasa juga disebut sebagai differential dalam dunia otomotif. 

    Gardan merupakan bagian penting yang akan meneruskan tenaga putar dari mesin ke poros penggerak mobil. Disebut differential karena komponen ini berperan sebagai pembeda gerakan putar poros pada ban.

    Maksudnya di sini adalah gardan akan membantu membedakan gerakan putar dari poros ban saat belok ke kanan dan ke kiri. Jadi jelas tanpa adanya gardan maka mobil tidak akan bisa bergerak apalagi berbelok sesuai arahan pengemudi. 

    Biasanya komponen gardan ini akan digunakan pada jenis mobil yang memakai penggerak RWD atau 4WD. Gardan nantinya akan membantu ban mobil sebelah kanan dan kiri memiliki kecepatan yang seimbang sehingga mobil lebih stabil. 

    Fungsi 

    Setiap komponen dalam sebuah mobil pasti menjalankan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dijalankan oleh komponen gardan mobil:

    • Meneruskan Tenaga Putar

    Gardan akan membantu meneruskan tenaga putar dari mesin menuju poros penggerak mobil. Fungsi ini sangat penting karena membantu mobil untuk bergerak dan melaju sesuai kontrol dari pengemudi, termasuk untuk mundur maupun belok. 

    • Membedakan Putar Poros Roda

    Tadi sudah disebutkan bahwa komponen ini akan membedakan gerakan putar poros pada roda. Radius belok mobil nantinya akan menjadi lebih pendek dan mobil tidak harus berputar terlalu jauh jika pengemudi ingin belok.

    • Mengubah Arah Putar

    Fungsi lain dari gardan adalah mengubah arah putar mobil sampai 90 derajat. Nantinya komponen ini akan mengubah tenaga putar yang tadinya 180 derajat menjadi 90 derajat. 

    • Menambah Tenaga Putar

    Gardan juga akan membantu menambah tenaga putar atau momen yang dimiliki oleh mobil. Tenaga ini berasal dari mesin kemudian disalurkan menuju poros roda penggerak jadi tenaga putar yang dimiliki mobil akan jauh lebih besar. 

    Cara Kerja