Berita

    Penting! Tanda-Tanda Minyak Rem Bocor

    Minyak rem bocor bisa menjadi masalah serius yang mengancam keselamatan pengendara dan penumpang. Sebab, minyak rem adalah salah satu komponen vital dalam sistem pengereman mobil yang memastikan kendaraan berhenti dengan aman dan efisien. 

    Oleh karena itu, penting bagi pengemudi untuk mengenali tanda-tanda kebocoran minyak rem agar bisa mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Artikel ini akan membahas beberapa tanda yang menunjukkan bahwa minyak rem mobil Anda mengalami kebocoran.

    5 Ciri Minyak Rem Bocor

    Ada beberapa tanda yang bisa Anda lihat dan rasakan apabila minyak rem mengalami kebocoran. Apa saja tandanya? Ketahui lewat daftar berikut:

    • Ada Rembesan Minyak

    Idealnya saat mobil sedang parkir, tidak ada minyak yang keluar atau berada pada aspal/lantai. Berbeda jika minyak rem mengalami kebocoran. Maka akan terlihat rembesan minyak pada bagian bawah saat mobil terparkir.

    Selain itu, rembesan ini kemungkinan juga sudah ada pada persneling, ABS modulator dan pipa minyak rem.

    Jika Anda menemukan rembesan di bawah tempat parkir mobil, sebaiknya segera periksa komponen tersebut untuk mengetahui kebenaran adanya kebocoran.

    • Perubahan pada Level Minyak Rem

    Salah satu tanda paling jelas dari kebocoran minyak rem adalah penurunan level minyak di reservoir. Reservoir minyak rem biasanya terletak di dekat master silinder di bawah kap mesin. 

    kondisi minyak remFreepik.com

    Jika Anda melihat level minyak turun secara signifikan, meskipun Anda belum mengganti minyak rem baru-baru ini, kemungkinan besar ada kebocoran yang harus segera ditangani. Sehingga Anda perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

    • Kinerja Pengereman yang Buruk

    Minyak rem bocor dapat mengakibatkan kinerja pengereman yang buruk. Anda mungkin perlu menekan pedal rem lebih dalam untuk mencapai pengereman yang sama kuatnya seperti biasanya. 

    Jika Anda merasa pedal rem terasa lembek atau bergetar saat Anda mengerem, ini bisa menjadi tanda bahwa sistem pengereman Anda mengalami kebocoran. Sehingga dapat mengganggu tekanan dan distribusi minyak rem.

    • Bau yang Aneh dari Roda

    Kebocoran minyak rem juga bisa terdeteksi melalui bau yang tidak biasa dari roda atau area sekitarnya setelah Anda mengemudi. Minyak rem memiliki bau yang khas, seperti bau asam atau metalik. 

    Apabila Anda mencium bau tersebut di sekitar roda atau di dekat area rem, ada kemungkinan besar bahwa minyak rem mengalami kebocoran. Kemudian minyak ini menguap saat kontak dengan komponen panas sistem pengereman.

    • Mesin Bergetar

    Tanda berikutnya yang bisa Anda periksa adalah adanya getaran pada mesin mobil . Tentu saja getaran yang timbul ini tidak biasanya. Sebab saat udara sendang masuk ke komponen mesin, sensor akan mengirimkan deteksi pada suhu yang tak wajar.

    Akibatnya, sensor ini juga menjadi tidak stabil. Lalu membuatnya tercampur dan terkontaminasi dengan udara di luar. Mesin mobil pun akhirnya bergetar karena hal ini. Namun getarannya tidak wajar, apalagi jika Anda menginjaknya terlalu keras.

    Kebocoran minyak rem adalah masalah serius yang tidak boleh diabaikan oleh pengemudi. Tanda-tanda seperti mesin bergetar hingga kinerja pengereman yang buruk, harus Anda pahami untuk kebaikan mobil Anda.