Berita

    Tips Aman Meninggalkan Mobil di Rumah Saat Mudik Lebaran

    Tradisi mudik Lebaran akan kembali dirasakan masyarakat Indonesia pada tahun ini, karena pemerintah sudah memberikan izin untuk masyarakat yang ingin melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman.

    Sebelumnya pada dua kali Lebaran, mudik dilarang oleh pemerintah karena wabah Covid-19 yang menguat saat itu.

    Banyak masyarakat yang melakukan mudik dengan kendaraan pribadi, tapi tak sedikit juga yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum, dan meninggalkan kendaraan pribadi di rumah.

    Agar selalu aman, tentu kamu harus memperhatikan beberapa hal agar kendaraanmu tetap aman dan terjamin.

    Berikut ini, tips meninggalkan kendaraan di rumah saat mudik. Yuk, disimak ya!

             1. Pilih lokasi yang aman

    Lokasi menjadi hal yang utama dalam menyimpan kendaraan, terlebih kendaraan tersebut hendak kamu tinggal dalam kurun waktu yang cukup lama. Pastikan lokasi penyimpanan kendaraan aman dan terhindar dari matahari dan hujan. 

    Selain itu, untuk keamanan juga, pastikan kamu menyiapkan CCTV untuk memantau kendaraanmu saat ditinggal. Pastikan juga posisi CCTV dan kendaraan jelas, agar memudahkan pemantauan.

             2. Gunakan cover mobil

    Meninggalkan kendaraan dengan waktu yang cukup lama, sebaiknya kamu melindunginya dengan cover, cover mobil misalnya.

    Gunakan cover yang berbahan aman seperti polyester sehingga dapat melindungi cat kendaraanmu. Selain itu, mobil dapat terlindungi dari debu yang berterbangan.

             3. Isi bensin full tank

    Mengingat kamu hendak meninggalkan kendaraan dengan waktu yang cukup lama, kamu disarankan untuk mengisi bensin dahulu sampai full tank.

    Hal tersebut dikarenakan, pengisian bensin yang full tank tidak akan menyisakan ruang udara pada tangki bensin. Ini agar tangki bensin tidak akan menghasilkan uap yang dapat menyebabkan karat.

             4. Tambah tekanan angin ban

    Sebelum kamu meninggalkan kendaraanmu, sebaiknya kamu menambahkan tekanan angin pada ban sekitar 5 psi. Hal itu perlu dilakukan karena kendaraan yang tidak bergerak biasanya lebih cepat mengalami penurunan tekanan udara pada ban.

             5. Jangan pakai rem parkir

    Saat meninggalkan mobil dengan waktu yang cukup lama, kamu tak disarankan menggunakan rem parkir. Karena menggunakan rem parkir yang terlalu lama berpotensi membuat rem mengunci. Kamu dapat menggunakan wheel chock atau pengganjal ban mobil agar membuatnya tertahan, tidak bergerak.