Berita

    Featured Image

    Tips dan Cara Jumper Aki yang Aman

    Sedang mengalami aki mobil mati secara mendadak? Sudah mencoba untuk dihidupkan tetapi tidak bisa? Tidak perlu panik. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan cara jumper aki mobil dengan aman.

    Permasalahan aki mobil tiba-tiba mati sering terjadi dan membuat pemilik mobil kebingungan untuk menghidupkannya. Padahal, hal tersebut bisa segera diatasi dengan mengikuti beberapa langkah di bawah berikut ini!

    Cara Jumper Aki Mobil dengan Aman

    Aki mobil yang mendadak mati tentu bisa membuat perjalanan Anda terganggu. Berikut langkah-langkah untuk menghidupkan kembali mesin pada aki mobil yang mati.

    • Persiapkan Alat 

    Langkah pertama, segera mempersiapkan alat untuk mengatasi aki mobil yang soak. Beberapa jenis peralatan ini membutuhkan kabel jumper yang cukup panjang untuk mencapai kedua aki mobil.

    Selain itu, sediakan juga klip penghubung yang memiliki bahan kokoh serta tahan panas. Tidak lupa juga untuk membawa perlengkapan pengaman seperti kaca pelindung dan sarung tangan.

    Penting untuk memastikan seluruh perlengkapan alat jumper aki dapat berfungsi dengan baik dan optimal. Pastikan kabel yang digunakan juga tidak terbelit untuk menghindari resiko terjadinya korsleting arus listrik.

    • Atur Posisi Mobil

    Langkah selanjutnya, atur posisi mobil Anda agar berdekatan dengan mobil yang akan memberikan jumper. Pastikan kedua mobil tersebut dalam keadaan mati dan rem tangan ditarik.

    Tidak lupa juga agar mesin mobil berada dalam keadaan mati selama proses jumper aki. Hal ini dikarenakan untuk menghindari potensi korsleting yang bisa saja terjadi ketika jumper aki dalam kondisi soak.

    • Hubungkan Aki dengan Kabel Jumper

    Cara jumper aki selanjutnya adalah menghubungkan kedua aki dengan kabel jumper. Anda bisa membuka terlebih dahulu tutup aki mobil yang mati, kemudian identifikasi posisi kutub negatif dan kutub positif.

    Adapun posisi kutub negatif biasanya memiliki tanda (-) serta warna hitam, sedangkan kutub positif memiliki tanda (+) dan bertanda warna merah.

    Untuk menghubungkan kedua aki ini, pastikan kabel jumper tidak terlilit dan menyentuh bagian logam lain.

    hubungkan aki dan jumper

    Selanjutnya, hubungkan salah satu ujung kabel jumper merah ke kutub positif pada aki mobil yang hidup. Kemudian sambungkan ujung kabel jumper lainnya ke kutub positif aki mobil yang mati.

    Tidak lupa, hubungkan juga kabel jumper hitam ke kutub negatif pada aki mobil yang hidup. Dan sambungkan ujung kabel jumper lainnya ke titik logam yang tidak begitu dekat dengan aki mobil yang mati.

    • Tunggu Pengisian Tenaga

    Setelah semua kabel terhubung, tunggu energi pada aki mobil terisi dengan baik. Ini bisa memakan beberapa menit saja untuk memberikan sedikit daya pada aki yang soak.

    Pada proses ini, Anda tidak dapat menghidupkan mesin mobil terlebih dahulu karena bisa merusak sistem elektronik pada mobil. Sebaiknya, hidupkan mobil secara perlahan hingga menyala dengan sempurna.

    • Lepaskan Kabel Jumper

    Setelah mobil berhasil dihidupkan, Anda dapat melepas kabel jumper hitam dari grounding point di mesin mobil yang memberikan jumper. Setelah itu, lepaskan kabel dari kutub negatif aki mobil yang membutuhkan jumper.

    Kemudian, lepaskan kabel jumper merah dari kutub positif aki yang memberikan jumper dan lepaskan kabel lainnya dari kutub positif aki mobil yang membutuhkan jumper.

    Jadi, pastikan bahwa kabel jumper tidak saling menyentuh satu sama lain atau bagian logam lainnya.

    Demikian beberapa langkah ini bisa Anda terapkan ketika menghadapi mesin akin mobil yang soak. Tentunya cara jumper aki ini harus dilakukan secara perlahan agar tetap aman dan tidak membahayakan mobil Anda.