Berita

    TIPS GUNAKAN AKSESORI PADA MOBIL AGAR TAMPILAN LEBIH SEGAR

    Sebagai pemilik mobil, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyegarkan tampilan mobil agar terlihat berbeda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan aksesori sehingga mobil tampil lebih eksklusif. Namun, agar tidak menimbulkan risiko penurunan performa mobil, disarankan untuk membeli aksesori sesuai standar dari manufaktur atau OEM (Original Equpment Manufacturer).

    PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai produsen mobil juga memiliki merk aksesori resmi sendiri, yaitu Suzuki Genuine Accessories atau biasa dikenal dengan sebutan SGA. Aksesori-aksesori yang terdapat dalam SGA tentunya dibuat dengan memperhatikan faktor keamanan, kenyamanan serta estetika bagi penggunanya.

    Menurut Christiana Yuwantie, Spareparts Dept. Head PT SIM, penggunaan aksesori harus mempertimbangkan faktor keamanan. Oleh karena itu, pilihan yang paling baik adalah dengan menggunakan aksesori resmi dari pabrikan. Bagi pemilik mobil Suzuki, ada beberapa aksesori resmi dari line up SGA yang dapat digunakan untuk menyegarkan tampilan mobil, yaitu:  

    1. Spoiler 

    Penggunaan spoiler, khususnya di bagian belakang, bukan hanya menambah estetika mobil agar terlihat lebih sporty. Namun, spoiler menjadi salah satu komponen yang dapat memengaruhi aerodinamika. Penggunaan spoiler dapat menambah downforce/tekanan ke bawah sehingga mampu mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi saat berkendara. Gaya angkat ini dapat membuat mobil melayang dan tidak stabil serta berpotensi membuat pengemudi hilang kontrol. Namun, pemasangan spoiler pada belakang mobil sebisa mungkin diimbangi dengan pemasangan spoiler di depan dan samping untuk menjaga agar mobil lebih terkendali.

    1. Emblem Suzuki Sport

    Sama seperti penggunaan spoiler yang dapat menambah kesan sporty pada mobil Suzuki, emblem Suzuki Sport juga menjadi salah satu pilihan aksesori favorit yang dapat mengekspresikan gaya sporty pengemudi.

    1. Door Visor 

    Door visor menjadi aksesori tambahan wajib yang cukup penting pada mobil. Door visor berguna sebagai talang air yang dapat mengurangi cipratan air yang masuk ke kabin saat kaca dibuka. Air hujan yang masuk terlalu banyak ke dalam kabin dapat memengaruhi komponen kelistrikan pada pintu mobil, seperti power window yang terdapat pada door trim yang rawan terjadi hubungan arus pendek jika terkena tampias air hujan.