Berita

    Featured Image

    Tips Memilih Bengkel Cat Mobil yang Aman

    Memiliki mobil yang menawan menjadi mimpi terbesar banyak orang. Sayangnya, memilih bengkel cat mobil tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda memerlukan orang yang ahli dan kompeten di bidangnya agar Anda bisa mempercayakan mobil kesayangan.

    Banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari lokasi, harga, hingga waktu pengerjaan. Jangan sampai, demi mendapatkan harga termurah, Anda mengorbankan mobil yang dibeli dengan susah payah itu.

    Tips Memilih Bengkel Cat Mobil

    Alasan utama pemilik mobil melakukan pengecatan ulang biasanya karena warna cat yang sudah memudar dan adanya baret pada body mobil. Supaya Anda tidak salah pilih, simak beberapa tips berikut ini!

    1. Cari Tahu Fasilitas yang Dimiliki

    Sebelum mendatangi bengkel dan menggunakan jasanya, Anda sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang beberapa tempat yang sekiranya patut dimasukkan ke dalam list. Carilah referensi dari berbagai sumber dan bandingkan satu sama lain.

    Anda bisa mencermati alat pengecatannya, apakah sudah menggunakan teknologi terkini atau belum? Kemudian, bagaimana dengan ketersediaan ruang oven, alat pengelasan, dan spray booth.

    Kelengkapan fasilitas akan menentukan hasil pengecatan pada mobil Anda. Cat yang menggunakan material berkualitas bisa lebih tahan lama.

    1. Perhatikan Proses dan Hasil Pengecatan

    Anda harus meluangkan waktu sekejap untuk melihat langsung proses pengecatan di bengkel yang Anda bidik. Tak perlu datang secara diam-diam, bengkel yang bagus akan mempersilahkan calon pelanggannya untuk melakukan observasi.

    Jika mobil Anda memiliki kerusakan yang parah akibat kecelakaan, pastikan permukaan mobil harus dikembalikan seperti sedia kala.

    Selain itu, lihatlah material yang mereka gunakan, apakah berkualitas atau tidak? Berapa lama prosesnya dan bagaimana kesesuaian warnanya?

    1. Lihat Testimoni Pelanggan Sebelumnya

    Bengkel cat mobil yang berkualitas akan melayani calon pelanggan dan pelanggannya dengan ramah, responsif, dan transparan. Lihat atau tanyakanlah pada pelanggan sebelumnya secara detail tentang bagaimana pengalaman mereka.

    Bengkel yang berisi orang-orang profesional akan membuat pelanggannya merasa nyaman dan yakin dengan perawatan yang diberikan. Mereka harus selalu siap membantu para pelanggan dengan berbagai pertanyaan yang dimiliki.

    1. Tanyakan Estimasi Biaya Pengecatan

    Bengkel yang profesional dan transparan akan memberikan informasi perbaikan apa yang mobil Anda perlukan dengan jelas. Selain itu, mereka juga memberikan estimasi biaya yang harus Anda keluarkan secara akurat dan terperinci.

    Jika Anda sudah mengantongi informasi seputar biaya pengecatan, pastikan Anda memilih bengkel yang sesuai dengan kebutuhan dan budget. Di samping itu, Anda juga dapat menanyakan kemungkinan potongan harga dan garansi.

    Jaminan ini sangat berguna apabila ada masalah setelah perbaikan. Bengkel tersebut akan segera memperbaikinya tanpa meminta biaya tambahan. Ini dia standar dalam memilih bengkel ideal.

    1. Evaluasi Pengalaman dan Kredensial

    Pastikan Anda memeriksa lamanya bengkel beroperasi, kira-kira model dan merek mobil apa saja yang pernah mereka tangani.

    Anda juga harus memeriksa apakah mekanik di sana sudah memiliki sertifikasi resmi dari lembaga yang terpercaya atau belum. Sebab, SDM (Sumber Daya Manusia) berperan sebagai “the Man Behind the Gun”.

    Mereka lah yang menentukan hasil akhir proses pengecatan mobil Anda. Dari kredensial ini, Anda dapat melihat tingkat pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menangani berbagai permasalahan mobil, termasuk pengecatan.