Berita

    Tips Mengatur Posisi Duduk agar Tidak Pegal saat Mengemudi

    Berkendara memang menjadi salah satu kegiatan menyenangkan. Namun mengemudi jarak jauh tentunya cukup menguras energi terutama jika posisi duduk saat mengemudi tidak benar akan membuat tubuh lebih mudah merasakan lelah.

    Dengan posisi duduk yang benar, nyaman dan aman tentunya mampu  meningkatkan konsentrasi, mengurangi rasa letih, bahkan secara tidak langsung dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya yaitu kecelakaan. 

    Pada laman RSA (Rules, Skills, Attitude) menyebutkan bahwa konsentrasi penuh pada saat berkendara merupakan hal yang sangat penting.  

    Tips Posisi Duduk saat Mengemudi yang Ideal

    Penting bagi Anda untuk memperhatikan posisi duduk pada saat sedang berkendara. Berikut ini beberapa tips posisi duduk yang ideal pada saat berkendara:

    • Posisi Duduk

    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah mengatur posisi duduk. Sebelum Anda mulai mengemudi, pastikan Anda mengatur posisi kursi mobil terlebih dahulu. Posisi duduk yang tepat adalah daban dalam posisi tegak dan membentuk sudut 100 derajat. 

    Pastikan atur posisi sandaran kursi mobil agar Anda dapat duduk dengan tepat dan nyaman. Anda dapat bersandar pada sandaran jok agar tidak mudah merasa letih. 

    Tak lupa untuk memastikan posisi tangan dan kaki Anda tetap dapat bebas bergerak pada saat mengemudi. 

    Pastikan pula Anda menguasai jangkauan penglihatan ke arah exterior mirror, interior mirror, dan juga blind spot area agar dapat terpantau jelas pada saat Anda mengatur posisi kursi. 

    Dengan posisi duduk saat mengemudi yang tepat, memungkinkan Anda lebih nyaman dan waspada saat berkendara.

    • Posisi Kepala

    Pada saat mengatur posisi kursi pengemudi, pastikan Anda mengatur posisi headrest kursi dan disesuaikan dengan tinggi kepala pengemudi. Pastikan pula posisi kepala saat mengemudi tegak dan sejajar dengan bahu. 

    Tujuannya adalah untuk membuat Anda dapat lebih konsentrasi dan memungkinkan pandangan ke arah depan tidak terganggu. 

    Pengaturan ketinggian headrest yang tepat juga nyatanya dapat melindungi kepala dan juga leher apabila terjadi benturan keras pada saat berkendara akibat kecelakaan.

    • Posisi Tangan

    Posisi duduk saat mengemudi lainnya yaitu Anda juga perlu memperhatikan posisi tangan agar tetap terasa bebas bergerak dan juga rileks. Pada saat mengemudi, ada baiknya ibu jari Anda berada di luar genggaman keempat jari Anda yang lainnya. 

    Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari cedera apabila menggenggam kemudi secara penuh. Posisi tangan seperti ini juga dianjurkan pada posisi ke arah pukul 9 dan pukul 3. 

    Pastikan Anda selalu menggunakan kedua tangan saat mengemudi untuk dapat tetap menjaga refleks pada saat bermanuver.

     

    posisi tangan

     

    • Posisi Kaki  

    Untuk menjaga kenyamanan pengemudi saat berkendara, pastikan posisi kaki disesuaikan terlebih dahulu. Dengan posisi kaki yang tepat, tentunya akan mencegah Anda mengalami nyeri di area lutut terutama pada saat berkendara jauh. 

    Hindari posisi kaki yang terlalu menekuk ataupun terlalu lurus, sesuaikan dengan postur tubuh Anda. 

    Jika pengaturan pada mobil Anda dirasa tidak dapat sesuai, Anda dapat menambahkan bantal atau benda empuk lainnya sehingga membuat posisi duduk Anda lebih nyaman.  

    • Lakukan Peregangan Otot 

    Sebelum Anda berkendara, terutama jika hendak berkendara jarak jauh, pastikan Anda melakukan peregangan otot terlebih dahulu. 

    Tujuannya yaitu agar peredaran darah Anda tetap lancar sehingga Anda tidak mudah merasa kelelahan. Anda dapat melakukan peregangan otot setiap 2 hingga 3 jam sekali terutama jika Anda sudah merasa lelah.