Berita

    Wajib Tahu! Tips Menghindari Salah Jalan di Tol

    Perhatikan tips untuk menghindari salah jalan di jalan tol agar Anda tidak kelewatan pintu keluar atau salah mengambil gerbang tol. 

    Jalan tol selalu menjadi alternatif untuk memangkas waktu tempuh. Terutama jika Anda bepergian antar kota dengan jarak yang lumayan jauh. 

    Namun, kadang ada situasi tidak terduga yang membuat Anda salah masuk jalur atau terlewat mengambil pintu keluar. Maka dari itu, agar hal tersebut tidak terjadi, mari ikuti tips dalam pembahasan ini! 

    Tips untuk Menghindari Salah Jalan di Jalan Tol

    Saat berkendara di jalan tol, ada tips yang bisa Anda ikuti agar tidak salah jalan. Di antaranya yakni sebagai berikut: 

    • Pahami Tanda pada Papan Rambu Lantas

    Sebagai pengemudi, wajib bagi Anda untuk memahami tanda maupun simbol yang ada di papan rambu-rambu lalu lintas. Sebab, tanda-tanda tersebut akan memudahkan Anda saat berkendara di jalan tol. 

    Tanda yang paling umum dan sangat penting diperhatikan adalah simbol pembatas kecepatan, gerbang tol, serta tanda keluar maupun masuk. 

    Ketika Anda sudah memahami tanda-tanda tersebut, dapat dipastikan Anda tidak akan mengalami kesulitan ketika berkendara di jalan tol. Salah mengambil jalan pun dapat dihindari. 

    • Siapkan dan Pastikan Kartu e-Toll Sudah Terisi Saldo

    Di hampir gerbang masuk maupun keluar jalan tol saat ini menerapkan sistem pembayaran otomatis memakai kartu e-Toll. Kartu tersebut mudah didapatkan sebab sudah banyak tersebar di minimarket, supermarket, maupun perbankan. 

    Nah, sebelum memasuki tol, pastikan Anda sudah menyiapkan dan mengecek ulang saldonya. Isi saldo dengan nominal yang lebih agar cukup untuk pembayaran sampai di akhir tujuan Anda. 

    Pasalnya, selama di area tol, akan sangat sulit untuk Anda menemukan minimarket, supermarket atau kantor perbankan untuk pengisian saldo. Jadi, sebelum masuk area tol, isi dulu saldonya. 

    • Gunakan Navigasi selama Perjalanan

    Tips untuk menghindari salah jalan di jalan tol bagi Anda yang pendatang atau sekadar lewat, selalu gunakan aplikasi penunjuk jalan selama berkendara di jalan tol. 

    Dengan begitu, Anda akan bisa menghindari salah jalan. Anda juga tidak akan melewatkan pintu keluar dan bisa sampai tujuan dengan selamat. 

    Agar lebih aman, sambungkan aplikasi navigasi yang ada di handphone dengan dashboard mobil. Dengan begitu, pandangan jalan tidak akan terganggu. Anda juga bisa berkonsentrasi mengemudi sembari mendengarkan suara penunjuk jalan. 

    menggunakan map selama perjalanan

    Freepik.com

    • Hanya Menggunakan Jalur sesuai Kecepatan

    Tips untuk menghindari salah jalan di jalan tol selanjutnya adalah memperhatikan jalur kendaraan. Ada dua jalur yang bisa Anda gunakan. 

    Jalur kanan diperuntukkan untuk kendaraan yang melaju dengan kecepatan diatas rata-rata. Sementara jalur kiri untuk kendaraan berkecepatan rendah atau hendak keluar dari jalan tol.

    Oleh karena itu, gunakan jalur sesuai kebutuhan dan kecepatan berkendara. Bila Anda sudah mendekati titik keluar tujuan, segera ambil lajur kiri. 

    • Hindari Bermain Ponsel selama Mengemudi

    Tingkatkan kewaspadaan dan konsentrasi selama mengemudi dengan menghindari bermain ponsel. Seperti mengangkat telepon atau berkirim pesan. 

    Bila ada keperluan mendesak, pastikan untuk mencari rest area untuk menepi terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan ponsel secukupnya dan melanjutkan perjalanan kembali. 

    Dengan begitu, fokus Anda tidak akan terganggu dan sepenuhnya hanya pada jalanan. Anda juga bisa memperhatikan kondisi sekitar dengan lebih baik. Sehingga salah ambil jalan bisa terhindarkan. 

    Ikuti kelima tips untuk menghindari salah jalan di jalan tol tersebut agar Anda tidak salah mengambil jalur atau melewatkan pintu keluar.