Berita

    Cara Mengembalikan Fokus Mengemudi Akibat Kelelahan

    Menempuh perjalanan jarak jauh memang melelahkan tapi Anda harus tetap waspada saat berkendara. Bagaimana cara agar fokus mengemudi saat kelelahan? Sebenarnya menjaga diri agar tetap fokus itu tidak sulit.

    Salah satu caranya dengan menepi sebentar dan menikmati kopi untuk mengembalikan fokus seperti sedia kala. Menjaga diri agar tetap fokus saat mengemudi sangatlah bagi keselamatan diri dan pengendara lain.  

    6 Cara agar Fokus Mengemudi saat Kelelahan

    Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fokus saat tubuh kelelahan di perjalanan. Istirahat sebentar dan menikmati kuliner di daerah sekitar bisa menjadi salah satu cara menaikkan mood dan mengembalikan fokus selama di perjalanan.

    Jika berencana menempuh perjalanan jarak jauh sebaiknya lakukan beberapa cara berikut agar fokus tetap terjaga dengan baik:

    • Segera Tepikan Mobil jika Mengantuk

    Saat kelelahan tubuh pasti akan mengirim sinyal untuk istirahat dengan ditandai rasa kantuk. Jika selama di perjalanan muncul rasa kantuk sebaiknya segera tepikan mobil untuk mengistirahatkan tubuh sejenak.

    tepikan mobil

    Freepik.com

    Tidur sebentar selama di perjalanan akan membuat tubuh terasa lebih segar, sehingga membuat fokus meningkat. Tidak perlu terburu-buru agar cepat sampai tujuan tapi utamakan keselamatan diri dan penumpang agar selamat sampai tujuan. 

    • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

    Cara agar fokus mengemudi selanjutnya yaitu dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Kekurangan cairan akan membuat tubuh dehidrasi dan menurunkan tingkat kefokusan Anda selama berkendara.

    • Siapkan Rute Perjalanan Sebelum Kembali ke Jalan

    Setelah selesai melepas lelah dengan istirahat sejenak, selanjutnya lanjutkan perjalanan dengan menyiapkan rute terlebih dahulu. Dengan menyiapkan rute pengemudi bisa lebih fokus mengendarai mobil melewati jalan yang sudah dipilih.

    Ketika tidak menyiapkan rute terlebih dahulu, pengendara akan kehilangan fokus saat mengemudi karena harus mencari rute di sela-sela berkendara. Hal tersebut tentu cukup berbahaya apalagi jika melakukannya sendiri tanpa bantuan penumpang lain. 

    • Jangan Menggunakan Ponsel Kecuali dalam Situasi Darurat

    Saat tubuh kelelahan, fokus seseorang akan lebih mudah terpengaruh oleh hal-hal kecil. Selama berkendara sebaiknya jangan pernah memainkan ponsel karena bisa mengurangi fokus saat berkendara.

    Saat menjawab telepon pastikan mobil dalam keadaan menepi agar tidak mengganggu fokus saat berkendara di jalan. Meskipun ada fitur hands free sebaiknya jangan digunakan karena dapat mengalihkan perhatian pengendara.

    Secara tidak langsung pikiran dan fokusnya akan lebih terpusat pada pembicaraan yang dilakukan di telepon. 

    Kebiasaan memainkan ponsel dan mengangkat telepon saat berkendara seharusnya dihindari karena dapat membahayakan diri sendiri dan pengendara lain.

    • Jangan Lakukan Aktivitas Multitasking

    Saat berkendara banyak orang melakukan aktivitas yang bisa mengganggu fokus misalnya seperti menyusun playlist lagu, mencari saluran radio, make up, makan camilan, dan lainnya. 

    Saat berkendara dalam kondisi kelelahan sebaiknya hindari aktivitas multitasking karena bisa membahayakan diri Anda. Cara agar fokus mengemudi satu ini sangat disarankan agar diterapkan.

    • Mengunyah Permen Karet

    Daripada makan camilan lebih baik Anda mengunyah permen karet saat menyetir karena cara ini bisa mencegah rasa kantuk. Mengunyah permen karet juga membantu mengurangi rasa stres dan meningkatkan fokus selama di perjalanan. 

    Selain itu hindari perbincangan yang memancing emosi dengan penumpang karena akan membuyarkan konsentrasi Anda. Cobalah melakukan percakapan santai yang menyenangkan agar perjalanan tidak terasa membosankan. 

    Saat berkendara jarak jauh, sebaiknya lakukan cara agar fokus mengemudi di atas agar konsentrasi tetap terjaga dengan baik. Sebelum berangkat pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima agar tidak terjadi hal buruk selama di perjalanan.

    Bila perlu lakukan pengecekan dan perbaikan ke bengkel resmi Suzuki sebelum memulai perjalanan. Mesin dan komponen mobil Anda akan dicek secara menyeluruh untuk mendeteksi kerusakan yang bisa membahayakan keselamatan.