Berita

    Penting! Ini Dia Penyebab AC Mobil Berbunyi

    Memasuki musim panas yang ekstrim ini, AC mobil menjadi penyelamat utama untuk tetap nyaman dalam berkendara. Namun, ada beberapa masalah yang bisa membuat AC mobil berbunyi secara tidak wajar.

    AC yang berisik dapat merusak kenyamanan perjalanan, membuat stres, dan mungkin juga merusak komponen-komponen penting dalam sistemnya. Jadi, mari telusuri apa saja yang bisa menjadi faktor penyebab munculnya suara bising tersebut!

    Penyebab AC Mobil Berbunyi Tidak Normal

    Beberapa faktor tertentu dapat membuat AC mobil Anda mengeluarkan suara yang tidak normal. Untuk bisa mengatasinya, ketahui apa saja berbagai faktor penyebab tersebut, di antaranya sebagai berikut:

    • Gas Freon Habis

    Penyebab pertama yang perlu diperiksa saat AC berbunyi bising adalah tingkat gas freon dalam sistem. Gas freon adalah zat pendingin utama dalam AC mobil yang membantu menurunkan suhu udara yang masuk ke dalam kabin.

    Jika sering dipakai secara terus menerus, maka seiring berjalannya waktu freon bisa terkuras atau bocor. Ketika gas freon menurun atau habis, maka AC akan mulai mengeluarkan suara yang bising.

    Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran di saluran AC atau akibat AC yang bekerja lebih keras. Karena ketika freon tidak mencukupi, kompresor harus bekerja lebih keras untuk mencapai suhu yang diinginkan hingga menghasilkan suara berisik.

    • Evaporator yang Kotor

    Evaporator adalah komponen dalam AC yang berfungsi untuk menampung gas freon setelah mengalami proses kompresi. Gas freon tersebut kemudian disalurkan ke blower untuk menghasilkan udara dingin yang masuk ke dalam kabin mobil.