Berita

    Featured Image

    Kenali Penyebab & Cara Mengatasi Asap Knalpot Mobil Yang Hitam

    Tahukah Anda, bahwa mobil pada dasarnya menghasilkan tenaga dari transmisi panas ke tenaga putar. Panas yang diciptakan oleh pembakaran akan menghasilkan beberapa emisi beracun. Emisi ini harus berwarna transparan, karena hanya menghasilkan CO (karbon monoksida). Namun, bagaimana jika asap knalpot mobil hitam? Apa ada masalah dengan mobil Anda? 

    Temukan jawabannya pada ulasan artikel ini yang membahas tentang penyebab asap knalpot mobil berubah jadi hitam dan cara mengatasinya. 

    Penyebab Asap Knalpot Mobil Hitam

    Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab asap hitam muncul dari knalpot. Bisa jadi hal itu disebabkan oleh filter udara yang tersumbat, manifold yang tersumbat, injeksi bahan bakar yang tidak berfungsi, atau masalah lainnya. 

    Berikut penyebab asap knalpot mobil yang berubah warna menjadi hitam: 

    • Pencampuran Bahan Bakar Terlalu Banyak

    Pada mesin pembakaran, terdapat perbandingan AFM (Air Fuel Mixture). Umumnya perbandingan ini berkisar 14:1 atau 14 molekul udara dibandingkan dengan satu molekul bensin. Jika rasio berubah pada 16: 1 atau lebih maka itu adalah campuran ramping. Tapi jika perbandingan ini 12:1 atau di bawahnya, sudah masuk terlalu banyak atau boros campuran.

    Campuran yang boros ini bisa terjadi karena bensin tidak tercampur sempurna dengan molekul udara, sehingga pada saat busi memercik bisa terbakar secara bertahap dan tidak spontan. Hal inilah yang membuat asap kendaraan berbau bensin bahkan terasa perih di mata. Jika terlalu banyak bensin yang dibakar di ruang bakar, akibatnya asap kendaraan akan jauh lebih pekat hingga berwarna hitam.

    Untuk mengatasi asap knalpot mobil hitam, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu: 

    1. Jika asap hitam ini muncul pada saat idle RPM, bisa jadi itu karena pengaturan campuran udara idle yang kurang tepat. Solusinya, Anda perlu melakukan penyetelan dengan cara memutar sekrup tersebut ke kiri atau ke kanan untuk memenuhi hasil yang ideal.
    2. Periksa katup choke, jika masih tertutup akan membuat bensin terlalu kaya.
    3. Jika masalah ini terjadi saat RPM tinggi atau saat akselerasi, mungkin disebabkan oleh kerusakan pada main jet di dalam karburator. Solusinya, Anda harus mengganti unit karburator untuk menghilangkan masalah tersebut.
    • Kerusakan Pada Sistem Injeksi

    Pada dasarnya ini kerusakan ini hampir serupa dengan poin pertama, yang mana bedanya ini terjadi pada mobil kelas MPV atau Hatch yang banyak digunakan oleh konsumen tahun 2000 ke atas.