Berita

    PENERAPAN LANGKAH SUZUKI INDONESIA UNTUK FOKUS JADI PERUSAHAAN YANG LEBIH RAMAH LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM CSR

    Jakarta, 19 Agustus 2023 – Sebagai bagian dari komitmen PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) dan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terhadap Indonesia, Suzuki mengambil langkah untuk fokus dalam mengembangkan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bentuk Suzuki Peduli Pendidikan dan Suzuki Peduli Lingkungan. Menyadari belum meratanya kualitas dan fasilitas pendidikan, Suzuki Indonesia mengambil peran untuk membantu mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih unggul dalam mengembangkan industri otomotif Indonesia, sehingga mengeluarkan program-program yang bertujuan untuk menambah wawasan dan pengalaman pelajar terkait industri manufaktur. Langkah tersebut bertujuan agar SDM dapat mempersiapkan diri dengan baik sebelum memasuki dunia kerja sekaligus juga membangun generasi yang peduli terhadap lingkungan.

    Joshi Prasetya, Dept. Head Strategic Planning Department PT SIS menjelaskan bahwa Suzuki turut terjun langsung ke masyarakat untuk memberikan edukasi yang berkaitan dengan pendidikan dan lingkungan sekitar. “Salah satu bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat adalah turut berkontribusi ke lingkungan sekitar dan memberikan dukungan berupa barang dan jasa yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Misalnya saja seperti memberikan edukasi kepada generasi muda mengenai fasilitas dan proses manufaktur mobil dengan berkunjung langsung ke pabrik Suzuki yang ada di Cikarang, dan donasi berupa mesin maupun peralatan manufaktur. Kegiatan seperti ini tentunya memberikan wawasan baru bagi mereka mengenai dunia kerja khususnya industri otomotif. Bentuk kepedulian lainnya adalah upaya dalam menjaga kelestarian lingkungan, terutama laut. Dalam hal ini Suzuki terus memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda mengenai pentingnya menjaga pantai dan akibat yang diberikan jika pantai mengalami kerusakan. Untuk memberikan bukti nyata bagaimana cara menjaga lingkungan, Suzuki juga mengajak peserta yang hadir untuk turut membersihkan sampah yang ada di pantai,” tuturnya

    Baca Juga : KETAHUI FUNGSI MASTER SILINDER DAN CARA KERJANYA

    Sebagai tahap awal dari program Suzuki peduli pendidikan untuk mengenalkan dunia otomotif kepada generasi muda, Suzuki membuka kegiatan Plant Visit atau kunjungan pelajar ke industri pabrik Suzuki. Sejak pertama kali dilakukan, tercatat sudah lebih dari 600 sekolah yang berkunjung atau sekitar 55.000 pelajar yang telah mengikuti program ini dan melihat langsung proses manufaktur hingga budaya dan peraturan yang diterapkan di pabrik Suzuki. Pada Mei 2023 lalu, kunjungan pabrik pelajar sudah diresmikan menjadi salah satu program Wisata Industri yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi. Hal ini tentunya akan memberikan dampak dan dukungan yang baik terhadap perekonomian daerah sekaligus kontribusi pada pendidikan siswa di daerah sekitar pabrik Suzuki. Suzuki menyediakan sarana bagi Sekolah/Universitas untuk mendaftarkan kegiatan plant visit ke pabrik Suzuki melalui website resmi Suzuki www.suzuki.co.id. Pada menu website, terdapat pilihan Booking Kunjungan Pabrik dan lokasi yaitu Pabrik Cikarang. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemilihan tanggal yang sesuai dan pengisian data yang dibutuhkan. Suzuki akan menghubungi pendaftar setelah pengajuan plant visit disetujui.