Berita

    Simak Tips Merawat Transmisi CVT agar Lebih Awet

    Transmisi CVT dinilai lebih nyaman dan memberikan kemudahan dalam berkendara sehingga tidak heran banyak pengendara yang menggemarinya. Sayangnya, CVT terkenal memiliki usia yang lebih pendek dibanding dengan transmisi lainnya. Lalu bagaimana caranya agar transmisi ini bisa bertahan lebih lama?

    Tips Merawat Transmisi CVT 

    CVT memang menawarkan banyak kemudahan dan keunggulan bagi penggunanya, seperti tarikan yang halus dan tidak menimbulkan hentakan pada saat pindah gigi. Karena itu, agar usianya bisa bertahan lebih lama, ada sederet tips dari kami yang bisa Anda coba. Berikut tipsnya!

    • Gunakan Oli Khusus

    Perawatan paling mendasar yang bisa dilakukan oleh para pemilik mobil matic ialah menggunakan oli transmisi khusus untuk CVT. Biasanya, pelumas yang dikhususkan untuk CVT akan memiliki label “Oli CVT” pada kemasannya. 

    Label tersebut bertujuan untuk memberitahu pengguna bahwa oli tersebut hanya boleh digunakan untuk transmisi bertipe CVT yang tentu memiliki kinerja dan kualitasnya berbeda dengan oli transmisi biasa.

    Ada ciri khusus sekaligus pembeda oli CVT dengan oli biasa. Oli biasa memiliki sifat sedikit lebih berat yang sesuai dengan kebutuhan transmisi otomatis biasa, yakni membutuhkan banyak pelumas. 

    Jika oli tersebut digunakan pada transmisi berjenis CVT akan berpotensi menyebabkan selip dan tenaganya berkurang. Karena itu, pastikan Anda memilih jenis oli yang tepat.

    • Ganti Oli dengan Rutin

    Mengganti oli dengan rutin juga merupakan salah satu cara merawat transmisi CVT yang tidak boleh diabaikan. Memang benar bahwa penggunaan oli CVT ditujukan untuk jangka waktu yang cukup panjang.

    Namun, perlu diingat bahwa tetap ada batas waktu tertentu oli tersebut harus diganti. Hal ini karena semakin lama oli tersebut digunakan, maka kualitasnya kana mengalami penyusutan. Karena itu, pastikan Anda mengganti oli CVT ini dengan rutin. 

    Umumnya, penggantian oli CVT dilakukan setelah jarak tempuh mencapai 100 ribu Km. agar lebih jelas, Anda juga bisa menanyakan hal ini langsung pada teknisi bengkel kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ulang oli CVT tersebut.

    • Hindari Jalanan Berpotensi Banjir

    Langkah lainnya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga ketahanan kinerja transmisi CVT ini yaitu dengan menghindari jalanan yang banjir. Usahakan untuk mencari jalan yang tidak berpotensi banjir, terutama saat musim penghujan datang.